Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 5111-5130 of 14520
-
MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING ANDCOMPOSITION (CIRC) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2014-03-27)Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai thitung (nilai mutlak) >ttabel atau sig.2-tailed (0,021) < α (0,05) sehingga H0 ditolak ... -
MODEL KOOPERATIF TIPE TPSQ (THINK PAIR SQUARE) DISERTAI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMP
(2018-02-08)Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran fisika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku atau terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke ... -
MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS DI SMA (KAJIAN PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR)
(2018-02-08)Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang alam dan gejalanya, yang terdiri atas proses dan produk. Untuk mendapatkan suatu produk fisika berupa fakta, konsep, prinsip, prosedur, teori, atau hukum, perlu dilakukan ... -
MODEL LEARNING CYCLE 5E DISERTAI MEDIA LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTS
(2015-12-11)Hakikat pembelajaran IPA adalah proses interaksi guru dan siswa, guru membantu siswa belajar memperoleh pengetahuan melalui observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, eksperimen, dan penarikan kesimpulan dalam ... -
MODEL MASTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
(2014-01-24)Masalah utama dalam dunia pendidikan salah satunya adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di sekolah. Rendahnya kualitas belajar sains, khususnya pada bidang studi fisika ditunjukkan oleh masih banyaknya siswa yang ... -
Model Membaca Bebas dengan Pendekatan Whole Language Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Kelas VII SMP Negeri Manba’ul Falah Singojuruh
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-06-19)Membaca mampu memberikan wawasan kepada diri seseorang dan lingkungan sekitar diberbagai bidang. Salah satunya masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia mempunyai semangat membaca yang minim. Hal tersebut berdasarkan riset ... -
MODEL OBSIM (OBSERVASI DAN SIMULASI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2013-12-20)Fisika adalah salah satu mata pelajaran yang harus di pelajari oleh siswa SMA. Sampai saat ini realita pembelajaran baik kualitas proses maupun kualitas produk masih belum menggembirakan. Upaya perbaikan kualitas mutu ... -
MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2015-12-11)Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika, pada hakikatnya merupakan proses dan produk tentang pengkajian gejala alam. Sehingga untuk menguasai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya fisika tidak cukup hanya diperoleh ... -
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DISERTAI TEKNIK SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2014-07-18)Hasil analisis data dari tujuan penelitian pertama menggunakan Independent- Sample T-test diperoleh nilai diperoleh Sig. (1-tailed) sebesar 0,020 atau 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara ... -
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING/PBL) DENGAN MEDIA GAMBAR KEJADIAN FISIKA PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMP
(2014-05-07)Fisika merupakan bagian dari sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan penguasaan kumpulan fakta- fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip serta prospek pengembangan ... -
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DISERTAI ANALISIS KEJADIAN FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2017-08-04)Pembelajaran fisika adalah interaksi antara guru dan siswa untuk mempelajari tentang alam semesta dan segala fenomenanya. Fisika juga dipelajari melalui proses ilmiah. Namun, metode yang digunakan dalam pembelajaran ... -
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DISERTAI MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 4 JEMBER
(2015-12-11)adalah ilmu fundamental yang menjadi tulang punggung bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Fisika yang bersifat empiris akan bermakna jika dipelajari secara kontekstual dengan lebih banyak melibatkan siswa untuk ... -
Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA di Kabupaten Jember (Materi Pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke);
(2015-12-04)Pembelajaran fisika untuk jenjang SMA tidak hanya berisi tentang teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal, akan tetapi berisi banyak konsep yang harus dipahami secara mendalam. Berdasarkan hasil analisis silabus fisika ... -
MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DENGAN ORIENTASI MELALUI OBSERVASI GEJALA FISIS DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP
(2014-11-03)Hasil analisis data dari tujuan penelitian pertama menggunakan analisis deskriptif diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 83,22%, pada pertemuan kedua dan ketiga diperoleh rata-rata ... -
MODEL PEMBELAJARAN DENGAN KEGIATAN MENDESKRIPSIKAN DEMONSTRASI SECARA KONSEPTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA
(2014-04-23)Analisis data dengan uji N-gain di peroleh skor N-gain pada masing-masing pertemuan. Pertemuan pertama diperoleh skor N-gain sebesar 0,37, pada pertemuan kedua sebesar 0,39, dan pada pertemuan ketiga sebesar 0,5. Dengan ... -
MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY (INKUIRI BEBAS) DALAM PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI FISIKA DI MAN 2 JEMBER
(2013-12-27)Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperiment, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember. Responden penelitian ditentukan ... -
MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY (INKUIRI BEBAS) DALAM PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI FISIKA DI MAN 2 JEMBER
(2014-01-17)Fisika merupakan salah satu mata pelajaran sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis dengan menggunakan berbagai peristiwa alam dan penyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Untuk ... -
MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI LKS MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 2 JEMBER
(2016-01-13)Fakta di SMK Negeri 2 Jember menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rendah dan hasil belajar fisika siswa banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya aktivitas belajar siswa di SMK Negeri ... -
MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP
(2014-04-23)Hasil analisis data dari tujuan penelitian pertama menggunakan Independent- Sample T-test diperoleh nilai diperoleh Sig. (1-tailed) sebesar 0,012 atau 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan ... -
MODEL PEMBELAJARAN GI-GI (GROUP INVESTIGATIONGUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FLUIDA DINAMIS DI SMA (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa)
(2016-11-18)Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa di SMA adalah diterapkannya pembelajaran model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry). Model ...