• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DISERTAI TEKNIK SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Ratna Yuliastanti (090210102078)_1.pdf (425.8Kb)
    Date
    2014-07-18
    Author
    Ratna Yuliastanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis data dari tujuan penelitian pertama menggunakan Independent- Sample T-test diperoleh nilai diperoleh Sig. (1-tailed) sebesar 0,020 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai Teknik Scaffolding dan model pembelajaran direct intruction di SMA Negeri 1 Rambipuji. Hasil penelitian dari tujuan penelitian kedua menunjukkan bahwa kemampuan berpikir rasional siswa termasuk dalam kriteria baik, dengan persentase rata-rata sebesar 80,05%. Hasil analisis data dari tujuan penelitian ketiga Bivariate Correlation diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,023 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir rasional dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai Teknik Scaffolding dan model pembelajaran direct intruction dalam pembelajaran fisika di SMA; (2) Kemampuan berpikir rasional siswa untuk semua indikator dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai teknik scaffolding termasuk dalam kriteria baik; (3) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir rasional siswa dan hasil belajar fisika menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai teknik scaffolding.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58525
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository