• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI LKS MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMK NEGERI 2 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    NIA YUSTIKA - 110210102085_Part1.pdf (930.3Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    YUSTIKA, NIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di SMK Negeri 2 Jember menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rendah dan hasil belajar fisika siswa banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 2 Jember disebabkan karena hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi serta penggunaan media pembelajaran yang kurang merata. Rendahnya hasil belajar di kelas disebabkan kurangnya minat siswa untuk belajar fisika, siswa jarang melakukan kegiatan praktikum, kurangnya variasi model dan metode serta soal-soal dan LKS yang diberikan masih menekankan pada konsep verbal dan matematis sehingga berdampak pada kemampuan multirepresentasi fisika siswa yang masih rendah. Hal tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan guru fisika di SMK Negeri 2 Jember. Berdasarkan uraian di atas maka diadakan penelitian dengan judul model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Independent- Sample T-test dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua. Untuk menguji hipotesis 1 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada pertemuan 1, 2, dan 3. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga pvalue sebesar 0.000 pada pertemuan 1, 2 dan 3. Karena Sig. (1-tailed) = 0.000 lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. Untuk menguji hipotesis 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 pada kemampuan verbal, matematis dan gambar serta pada kemampuan grafik sebesar 0.007. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1- tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga p-value sebesar 0.000 pada kemampuan verbal, matematis dan gambar serta 0.0035 pada kemampuan grafik nilai tersebut lebih kecil dari α = 0.05, maka Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan multirepresentasi siswa di SMK Negeri 2 Jember. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember. (2) Model pembelajaran generatif (generative learning) disertai LKS multirepresentasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada pembelajaran fisika di SMK Negeri 2 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71372
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository