• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL OBSIM (OBSERVASI DAN SIMULASI) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Narmi Septiarini - 060210192023_1.pdf (219.4Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Narmi Septiarini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah salah satu mata pelajaran yang harus di pelajari oleh siswa SMA. Sampai saat ini realita pembelajaran baik kualitas proses maupun kualitas produk masih belum menggembirakan. Upaya perbaikan kualitas mutu pelajaran fisika telah dilakukan oleh banyak pakar pendidik mampu kembangkan IPA/Fisika. Namun demikian kualitas tersebut belum mencapai hasil yang diharapkan. Model Obsim adalah salah satu model yang di perkirakan dapat memberikan kontribusi untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika adapun rumusan masalah di SMA yaitu (1). Bagaimanakah aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model Obsim dalam pembelajaran fisika di SMA, (2). Bagaimanakah efektifitas model pembelajaran Obsim dalam pembelajaran fisika di SMA. Untuk itu, Dari permasalahan di atas Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkaji aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model Obsim dalam pembelajaran fisika di SMA, (2) Mengkaji efektifitas model pembelajaran Obsim dalam pembelajaran fisika di SMA. Untuk mewujudkan tujuan peneliti kasih media penelitian dirancang sesuai rancangan penelitian. Berdasarkan dengan tujuan peneliti diatas maka Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan purposive sampling karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas. Rancangan penelitian menggunakan TimeSeries Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan menggunakan analisis statistic deskriptif dengan persentase. Dari hasil analisis data diperoleh (1) Aktivitas belajar fisika dengan model obsim pada eksperimen pertama ,kedua, ketiga berturut – turut adalah 81,2%, 88,29% dan 92,04% termasuk dalam kategori sangat aktif. (2) efektifitas pembelajaran pada kelas eksperimen yang mengggunakan model OBSIM ditentukan dari skor pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan persentase efektivitas pertemuan RPP I, II, dan III yaitu sebesar 89,35%, 96,34%, dan 94,96% termasuk pada kategori sangat efektif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan Model OBSIM (Observasi dan Simulasi) dapat digolongkan dalam kategori sangat aktif. (2) Model OBSIM (Observasi dan Simulasi) sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran fisika di SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11163
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository