• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DENGAN ORIENTASI MELALUI OBSERVASI GEJALA FISIS DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Rate Rusmala Sari - 100210102053_1.pdf (160.3Kb)
    Date
    2014-11-03
    Author
    Rate Rusmala Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis data dari tujuan penelitian pertama menggunakan analisis deskriptif diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 83,22%, pada pertemuan kedua dan ketiga diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 89,89% dan 91,01%.Persentase aktivitas siswa secara klasikal diperoleh sebesar 88,04%, apabila persentase aktivitas siswa tersebut disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa, maka aktivitas tersebut termasuk dalam kriteria sangat aktif. Hasil analisis data dari tujuan penelitian kedua menggunakan Independent- Sample T-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan efektifitas pembelajaran antara kelas yang diajar dengan menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dimana efektifitas pembelajaran antara kelas yang diajar menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis lebih baik dibandingkan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil analisis data dari tujuan penelitian ketiga Independent-Sample T-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau  0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dimana hasil belajar fisika siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model CLIS dengan orientasi melalui observasi gejala fisis lebih baik dibandingkan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59899
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository