Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 5091-5110 of 14520
-
MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 ARJASA TAHUN AJARAN 2010/2011
(2014-01-20)RINGKASAN Model Cooperative Learning Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Arjasa Tahun Ajaran 2010/2011; Nanik Farida Priatmaja, ... -
MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 02 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2014-01-24)Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SDN Kepatihan 02 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember lebih berpusat pada guru sehingga membuat siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil ... -
MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI PADA SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 02 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-09)dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Cooperative learning tipe think pair and share (TPS) pada pokok bahasan kebebasan berorganisasi. Penelitian ini menggunakan ... -
MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA DI SMA
(2013-12-05)Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman dari pada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan dan ... -
Model Creative Problem Solving disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Kabupaten Jember
(2017-07-11)Fisika dalam pembelajaran atau pelaksanaan pendidikan dibangun dari serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun ... -
Model Free Inquiry Pada Pembelajaran Multirepresentasi Fisika Di MAN 2 Jember
(2013-12-24)Fisika merupakan salah satu mata pelajaran sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis dengan menggunakan berbagai peristiwa alam dan penyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Untuk ... -
MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION – GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI RAMBIPUJI (Studi pada Aktivitas Belajar Siswa, Efektivitas Pembelajaran, dan Hasil Belajar Siswa)
(2017-03-08)Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketercapaian aktivitas belajar fisika siswa secara keseluruhan sebesar 93% dengan kategori sangat aktif. Ketercapaian aktivitas belajar fisika yang tertinggi pada mental activities, ... -
Model Gi-Gi (Group Investigation-Guided Inquiry) Dalam Pembelajaran Elastisitas Di SMA: Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa
(2017-07-20)Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran fisika masih sering mengalami kendala, diantaranya hasil belajar siswa rendah, kegiatan praktikum jarang dilakukan, kegiatan diskusi didominasi siswa yang pintar dan siswa ... -
MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Studi Pada Kemampuan Afektif, Psikomotor, dan Kognitif untuk Materi Teori Kinetik Gas)
(2016-11-18)Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada 16 September 2015 dengan salah satu guru mata pelajaran fisika SMA Negeri 4 Jember kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran fisika antara lain: (1) siswa menganggap fisika ... -
MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI DI SMA
(2017-03-23)Fisika adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dipelajari melalui proses ilmiah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika belum memperhatikan proses ilmiah, proses penemuan pengetahuan dan aktivitas ... -
MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) PADA PEMBELAJARAN GERAK MELINGKAR DI SMAN 1 JENGGAWAH (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Multirepresentasi Siswa)
(2017-08-03)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jenggawah pada siswa kelas X semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu ditentukan ... -
MODEL INKUIRI DENGAN TIPE INTEGRATED PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2014-04-23)Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa selama menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA tergolong kategori aktif, yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 71,1%. Aktivitas belajar ... -
MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTs (Studi eksperimen model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTsN 2 Jember)
(2014-03-27)Hasil analisa data uji hipotesis 1 diperoleh nilai rata-rata sikap ilmiah siswa kelas eksperimen yaitu 74,114 dan kelas kontrol yaitu 66,702, Setelah dilakukan uji Independent sample t test didapatkan nilai signifikansi ... -
MODEL INQUIRY TRAINING DENGAN SETTING KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP
(2014-11-03)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji ... -
MODEL INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DENGAN TUGAS MEMBUAT “BAGAN PEMAHAMAN KONSEP” PADA POKOK BAHASAN KALOR (Studi pada Sis wa Kelas VII D Semester 1 SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Ajaran 2010/2011)
(2013-12-07)Fisika bersifat empiris, yaitu setiap hal yang dipelajari dalam Fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang gejala alam dan gejala-gejalanya. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang cocok dengan sifat ... -
MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X.7 SMA NEGERI 2 GENTENG
(2013-12-07)Hasil observasi awal di kelas X.7 SMA Negeri 2 Genteng, ditemukan aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal ini berdasarkan analisis data observasi awal dari 40 siswa hanya 65% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan ... -
Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di TK Dharma Indria 2 Jember
(PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2020)Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa Kepala sekolah TK Dharma Indria 2 Jember menerapkan model kepemimpinan transformasional yang didasarkan pada dimensi-dimensi kepemimpinan transformasional ... -
MODEL KOOPERATIF STAD BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2014-03-27)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan metode sampling purposive. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Ambulu Jember. Penentuan responden penelitian ditentukan setelah uji ... -
MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DISERTAI MEDIA KARTU SOAL BERBENTUK PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPN 2 JEMBER
(2016-08-25)Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang tersusun secara sistematis dan penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Pada hakikatnya fisika merupakan proses dan produk tentang pengkajian ... -
MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) DISERTAI METODE PICTORIAL RIDDLE DAN LATIHAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBER
(2016-01-13)Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut. Dapat dikatakan bahwa hakikat fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian ...