Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di TK Dharma Indria 2 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa
Kepala sekolah TK Dharma Indria 2 Jember menerapkan model kepemimpinan
transformasional yang didasarkan pada dimensi-dimensi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja gurunya. Kepala sekolah TK Dharma
Indria 2 Jember menerapkan dimensi idealized influence dengan cara mengikut
sertakan guru dalam kegiatan rapat di sekolah sembari memberikan pengetahuan
dan pemahaman akan misi sekolah. Penerapan dimensi inspirational motivation
yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu dengan cara membangkitkan semangat
dan optimisme guru dalam melaksanakan pekerjaan, memberikan motivasi kepada
guru serta memfasilitasi segala kebutuhan guru dalam melaksanakan pekerjaannya.
Penerapan dimensi intellectual stimulation yang dilakukan oleh kepala sekolah
yaitu dengan cara menggali ide-ide dan solusi yang kreatif dari guru, memberi
dorongan kepada guru untuk terus belajar dengan mengikut sertakan guru ke dalam
berbagai kegiatan pelatihan. Adapun penerapan dimensi individualized
consideration yang dilakukan kepala sekolah dengan cara mendengarkan dan
menindak lanjuti keluhan, ide, maupun saran dari guru, mencari tahu dan
memenuhi kebutuhan guru, memberikan penghargaan atas kinerja guru,
memberikan krtitikan dan menggunakan bakat khusus yang dimiliki oleh guru