MODEL INKUIRI DENGAN TIPE INTEGRATED PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa selama menggunakan
model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA tergolong kategori aktif,
yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 71,1%. Aktivitas belajar siswa yang paling sering
muncul adalah melakukan percobaan dan bertanya yaitu sebesar 74,2% dan 72,6%.
Rumusan masalah yang kedua yaitu pengujian hipotesis penelitian menggunakan
Paired Sample T-test diperoleh hasil analisis nilai Sig. = 0,000. Sedangkan kriteria
yang ada ialah H0 ditolak jika nilai Sig.< 0,05. Hal ini berarti H1 diterima dan dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa
sebelum dan setelah menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada
pembelajaran IPA. Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri dengan tipe integrated
pada pembelajaran IPA pada tema aliran energi dalam ekosistem berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) aktivitas belajar siswa selama menggunakan model inkuiri dengan tipe
integrated pada pembelajaran IPA di SMP termasuk dalam kategori aktif, dan (2) ada
perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model inkuiri
dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA di SMP.