MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION – GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI RAMBIPUJI (Studi pada Aktivitas Belajar Siswa, Efektivitas Pembelajaran, dan Hasil Belajar Siswa)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketercapaian aktivitas belajar fisika
siswa secara keseluruhan sebesar 93% dengan kategori sangat aktif. Ketercapaian
aktivitas belajar fisika yang tertinggi pada mental activities, motor activities, dan
writing activities yaitu masing- masing sebesar 97%. Sedangkan ketercapaian
aktivitas belajar fisika yang terendah pada oral activities yaitu sebesar 86%.
Efektivitas model dihitung menggunakan ER (Efektivitas Relatif) dan diperoleh
persentase sebesar 33% dengan kategori sedang. Selain itu, untuk perbedaan hasil
belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan pengujian
hipotesis 2 pihak dan didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.000. Karena
nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
nilai antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model GI-GI (Group
Investigation-Guided Inquiry) di kelas X SMA Negeri Rambipuji dengan
pembelajaran yang tidak menggunakan model tersebut (Ha diterima, H0 ditolak).
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) rata-rata ketercapaian aktivitas belajar fisika siswa secara
keseluruhan masuk dalam kategori sangat aktif, (2) efektivitas hasil belajar dari
model GI-GI (Group Investigation – Guided Inquiry) masuk dalam kategori
sedang, (3) model GI-GI (Group Investigation – Guided Inquiry) berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar pada materi gerak lurus di SMA Negeri
Rambipuji.