MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTs (Studi eksperimen model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTsN 2 Jember)
Abstract
Hasil analisa data uji hipotesis 1 diperoleh nilai rata-rata sikap ilmiah siswa
kelas eksperimen yaitu 74,114 dan kelas kontrol yaitu 66,702, Setelah dilakukan uji
Independent sample t test didapatkan nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0005 yang
menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain nilai rata-rata sikap ilmiah
siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini berarti model
inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap sikap ilmiah
siswa dalam pembelajaran di MTs. Hasil analisa data uji hipotesis 2 diperoleh hasil
belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 79,91 dan pada kelas kontrol 75,95 Setelah
dilakukan uji Independent sample t test didapatkan nilai signifikansi (1-tailed)
sebesar 0,045 yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain nilai
rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini
berarti model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa dalam pembelajaran di MTs.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah (1) model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap
sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran di MTs, dan (2) model inkuiri terbimbing
disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam
pembelajaran di MTs.