Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 147-166 of 248
-
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RASI (READING, ANALYZING, SHARING, AND INFERRING) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA
(2016-11-24)Pembelajaran merupakan proses yang diselenggarakan guru untuk membelajarkan siswa, bagaimana belajar memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta memberikan kesempatan siswa belajar secara ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) pada Pembelajaran IPA di SMP Perkebunan Kopi untuk Mengembangkan Keterapilan Metakognisi dan Hasil Belajar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-07-04)Indonesia merupakan negara berkembang yang berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan memiliki fungsi dapat memberdayakan potensi manusia untuk mewariskan, mengembangkan, serta membangun ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RGOSA (Reading, Giving Opinion, Observing, Searching, Assessing) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-23)The current development of education is closely related to the times, one of the skills students are expected to have is 21st century skills in the 4.0 revolution era which has quite a broad impact on the world of education, ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RIDE (Reading, Investigation, Discussion, and Evaluation) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-11-08)Tujuan pendidikan semestinya tidak hanya menekankan pada perolehan pengetahuan, apalagi hanya sekedar menghafal sejumlah fakta dan konsep, tetapi harus menggambarkan hasil belajar sampai pada tingkatan berpikir tingkat ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Science Literacy Learning (SLL) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-27)Science education is currently directed at preparing students to live successfully in the 21st century. One of the skills students need in the 21st century is scientific literacy. Apart from that, the ability to think ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Sinektik Dengan Pendekatan CTL Efektivitasnya terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar IPA SMP di Daerah Perkebunan Kopi
(2018-12-27)Pendidikan memegang peranan sangat penting dalam menciptakan kehidupan manusia yang cerdas, damai dan terbuka. Oleh karena itu, pembaharuan di bidang pendidikan harus dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Sprider Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Smp
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2021-05-07)Dunia pendidikan saat ini sedang menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, dimana menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 yakni keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif serta komunikatif. ... -
Pengembangan Model Pembelajaran SRAS (Statement, Regulation, Assistance, Study) Untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-09-08)The challenges of the world of education which have entered the era of society 5.0 need to be pursued and followed up through the application of learning models in the classroom. One of the learning models based on current ... -
PENGEMBANGAN MODELBLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKANASSURE
(2017-01-13)Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan. Secara keseluruhan melibatkan komponen-komponen antara lain peserta didik, pendidik,sarana dan prasarana belajar.Pembelajaranmenfasilitasi interaksiantara pendidikdan ... -
Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas VIII SMP Materi Bangun Datar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-05-15)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika pada materi bangun datar segiempat dan segitiga serta kemampuan bernalar kritis siswa yang rendah. Kemampuan bernalar kritis merupakan ... -
Pengembangan Modul Berbasis STEM-CP untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-21)Pendidikan merupakan faktor yang penting untuk menjamin peserta didik dapat memiliki keterampilan belajar dan berinovasi melalui pengetahuan yang diperolehnya serta dapat bertahan hidup dengan menggunakan keterampilan yang ... -
Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Ekskresi untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
(2019-08-30)Salah satu upaya yang tepat dalam menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang baik dan bermutu tinggi yaitu pendidikan. Pemerintah telah menyelenggarakan perbaikan peningkatan mutu pendidikan pada ... -
PENGEMBANGAN MODUL CAC (CONTEXTUAL, ANALYTICAL, AND CONCEPTUAL) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DASAR PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
(2018-04-05)Pendidikan berperan penting dalam perkembangan kemajuan suatu bangsa, karena dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa tersebut. Berdasarkan hasil survei PISA tahun 2012 dan hasil survei PISA tahun ... -
Pengembangan Modul Digital Berbasis Inquiry Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X dengan Model 4D
(2019-09-19)Tuntutan pembelajaran pada dewasa ini sudah mengharuskan pembelajaran dengan pendekatan student centered learning dan difasilitasi dengan teknologi, sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Faktanya pembelajaran ... -
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-07-09)Fisika didefinisikan sebagai cabang ilmu dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang fenomena/gejala alam yang dibangun berdasarkan pendekatan ilmiah. Pelajaran fisika dimaksudkan sebagai wahana untuk menumbuhkan ... -
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific reasoning untuk Melatih Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Pembelajaran Fisika di SLTA
(2019-10-03)Modul adalah sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sesuai tingkat pengetahuan dan usia siswa, agar dapat belajar mandiri dengan bantuan atau bimbingan yang minimal dari ... -
Pengembangan Modul Fisika Berbasis TPACK dan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-07-30)Saat ini kita memasuki era industri 4.0 yang memiliki ciri pemanfaatan teknologi informasi dan internet dalam semua aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi, teori pembelajaran dan ilmu pengetahuan ... -
Pengembangan Modul Fisika Materi Tumbukan Berbasis Gambar Proses untuk Pembelajaran Fisika di SMA
(2019-04-25)Sains bersifat induktif yaitu produk sains dibangun dari kajian kejadiankejadian khusus untuk digeneralisasi menjadi ketentuan umum. Salah satu cabang ilmu sains adalah fisika. Fisika merupakan proses dan produk. Proses ... -
Pengembangan Modul Fisika Materi Tumbukan Berbasis Gambar Proses Untuk Pembelajaran Fisika Di SMA
(2019-04-10)bersifat induktif yaitu produk sains dibangun dari kajian kejadiankejadian khusus untuk digeneralisasi menjadi ketentuan umum. Salah satu cabang ilmu sains adalah fisika. Fisika merupakan proses dan produk. Proses ... -
Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Tema Lingkungan untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
(2018-11-12)Perkembangan pengetahuan dan teknologi abad ke-21, terutama yang berhubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia menuntut adanya perubahan dan pembaharuan kurikulum pendidikan. Salah satu keterampilan abad ke-21 ...