• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Fisika Materi Tumbukan Berbasis Gambar Proses untuk Pembelajaran Fisika di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    FAJAR LAILATUL MI’ROJIYAH - 150220104008-.pdf (1.107Mb)
    Date
    2019-04-25
    Author
    Mi’rojiyah, Fajar Lailatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sains bersifat induktif yaitu produk sains dibangun dari kajian kejadiankejadian khusus untuk digeneralisasi menjadi ketentuan umum. Salah satu cabang ilmu sains adalah fisika. Fisika merupakan proses dan produk. Proses artinya prosedur untuk menemukan produk fisika (fakta, konsep, prinsip, teori atau hukum) yang dilakukan melalui langkah-langkah ilmiah. Fisika terdiri atas konsep-konsep. Konsep pada dasarnya mengategorisasikan sesuatu ke dalam penyajian non verbal, sehingga konsep cenderung bersifat abstrak sehingga kemampuan gambaran mental diperlukan. Materi tumbukan merupakan materi yang abstrak dalam fisika. Materi yang bersifat abstrak mengakibatkan siswa kesulitan untuk menelaah konsep tumbukan. Diperlukan gambar proses yang merupakan suatu gambar yang berisi rangkaian gambar-gambar, yang gambar satu dengan gambar selanjutnya merupakan rangkaian suatu proses perubahan suatu keadaan (benda, kejadian, atau fenomena untuk memudahkan siswa belajar konsep tumbukan yang abstrak. Mengemas gambar proses dalam sebuah modul bersifat self instructional yang merupakan bahan ajar cetak yang mandiri bagi siswa sesuai dengan karakter materi dan karakter siswa SMA yang mengharuskan mandiri. Sebuah modul akan bermakna, jika siswa dapat dengan mudah menggunakannya. Berdasarkan uraian tentang karakteristik materi tumbukan yang bersifat abstrak, maka dengan modul materi tumbukan berbasis gambar proses, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi momentum, impuls, dan tumbukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90656
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository