• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RASI (READING, ANALYZING, SHARING, AND INFERRING) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA

    Thumbnail
    View/Open
    VIVI DARMAYANTI - 140220104014_.pdf (3.537Mb)
    Date
    2016-11-24
    Author
    DARMAYANTI, VIVI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran merupakan proses yang diselenggarakan guru untuk membelajarkan siswa, bagaimana belajar memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta memberikan kesempatan siswa belajar secara mandiri. Salah satu metode pembelajaran yang menjadikan siswa menjadi siswa yang mandiri yaitu metode membaca. Salah satu model pembelajaran yang berbasis membaca adalah Think, Talk, Write (TTW) dan Reading, Questioning, and Answering (RQA). Berdasarkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh TTW dan RQA maka kedua model pembelajaran ini dapat dikembangkan dengan cara dipadukan. TTW mampu mereduksi kelemahan pembelajaran RQA yaitu mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menekankan arti kebersamaan. Pembelajaran RQA menjadikan siswa lebih siap dalam mengikuti pembelajaran dengan cara membaca materi pelajaran terlebih dahulu sehingga siswa akan lebih mudah dalam mengikuti pelajaran. Integrasi kedua model tersebut merupakan perpaduan sintaks-sintaks model pembelajaran TTW dan RQA yang kemudian dikenal dengan model pembelajaran RASI (Reading, Analyzing, Sharing, and Inferring). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran RASI yang valid dalam pembelajaran IPA di SMP dan keefektifan model pembelajaran untuk meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VII di SMP negeri 4 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan siswa, angket self regulated learning, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data persentase dan normalized gain. Rata-rata hasil validasi model pembelajaran oleh validator ahli dan pengguna yaitu 88,61% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji terbatas, hasil penilaian respon guru mencapai 81,67% dan respon siswa 83,01% dengan kategori sangat baik, sehingga model RASI dapat dilanjutkan ke uji lapangan. Data yang diperoleh pada uji lapangan siklus 1 yaitu data peningkatan self regulated learning siswa dapat dilihat dari rerata normalized gain (g) 0,55 dengan kategori sedang. Data peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari rerata normalized gain yaitu 0,63 dengan kategori sedang. Data peningkatan hasil belajar afektif dapat dilihat dari normalized gain (g) 0,18 dengan kategori rendah. Data peningkatan hasil belajar psikomotor dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,12 dengan kategori rendah. Pada siklus 2 yaitu data peningkatan self regulated learning siswa yang dapat dilihat dari hasil analisis normalized gain yaitu 0,72 dengan kategori tinggi. Data peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,77 dengan ketegori tinggi. Data peningkatan hasil belajar afektif dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,74 dengan kategori tinggi. Data peningkatan hasil belajar psikomotor dapat dilihat dari rerata normalized gain 0,71 dengan ketegori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RASI yang valid dalam pembelajaran IPA yaitu telah memnuhi unsur-unsur model pembelajaran seperti sintakmatik, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional, dan dampak pengiring. Model pembelajaran RASI efektif dalam meningkatkan self regulated learning dan hasil belajar siswa masing-masing pada kategori tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78226
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository