Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) pada Tema Lingkungan untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Perkembangan pengetahuan dan teknologi abad ke-21, terutama yang
berhubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia menuntut adanya perubahan
dan pembaharuan kurikulum pendidikan. Salah satu keterampilan abad ke-21 yang
menjadi target dari penerapan kurikulum 2013 adalah keterampilan berpikir kritis.
Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pendekatan scientific
yang salah satunya dapat berupa pengintegrasian Socio-Scientific Issues (SSI) ke
dalam pembelajaran. SSI adalah permasalahan kontroversial tanpa solusi atau
jawaban pasti yang menghubungkan ilmu pengetahuan dengan kehidupan
masyarakat. Integrasi SSI ke dalam bahan ajar merupakan suatu hal baru yang
masih jarang dilakukan oleh peneliti lain. Salah satu bahan ajar yang dapat
membuat siswa mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri sesuai target
penerapan kurikulum 2013 adalah modul. Modul dirancang dengan
mengintegrasikan konteks SSI bertema lingkungan untuk keterampilan berpikir
kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) mendeskripsikan kevalidan
modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis
siswa SMP; 2) mendeskripsikan kepraktisan modul IPA berbasis SSI pada tema
lingkungan untuk keterampilan berpikir kritis siswa SMP; dan 3) mendeskripsikan
keefektifan modul IPA berbasis SSI pada tema lingkungan untuk keterampilan
berpikir kritis siswa SMP.