• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Fisika Berbasis Scientific reasoning untuk Melatih Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Pembelajaran Fisika di SLTA

    Thumbnail
    View/Open
    Dimas Fawahid Tamimi Anwar-150220104020.pdf (1.881Mb)
    Date
    2019-10-03
    Author
    FAWAID TAMIMI ANWAR, Dimas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Modul adalah sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sesuai tingkat pengetahuan dan usia siswa, agar dapat belajar mandiri dengan bantuan atau bimbingan yang minimal dari guru. Kemampuan multirepresentasi siswa dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara runtut dan logis dalam berbagai bentuk representasi. Representasi adalah bentuk alternatif dari situasi masalah atau aspek dari situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi,yang pada dasarnya membutuhkan kemampuan penalaran ilmiah dalam pemecahan masalah multirepresentasi untuk keberhasilan siswa di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) mendiskripsikan kevalidan modul fisika berbasis scientific reasoning untuk melatih kemampuan multirepresentasi siswa pada pembeajaran fisika di SLTA, (2) mendeskripsikan kepraktisan modul fisika berbasis scientific reasoning untuk melatih kemampuan multirepresentasi siswa pada pembeajaran fisika di SLTA, (3) mendeskripsikan efektifitas modul fisika berbasis scientific reasoning untuk melatih kemampuan multirepresentasi siswa pada pembeajaran fisika di SLTA. Pengembangan modul fisika berbasis scientific reasoning ini menggunakan desain model pengembangan 4-D Lokasi uji pengembangan modul fisika berbasis scientific reasoning adalah di SMA Negeri Pakusari. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X di SMA Negeri Pakusari tahun pelajaran 2017-2018.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan modul ini adalah tes, angket, observasi. Metode analisis data untuk mengetahui peningkatan kemampuan multirepresentasi siswa menggunakan N-gain yang juga digunakan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan modul fisika berbasis scientific reasoning. Komponen penilaian kevalidan modul fisika berbasis scientific reasoning meliputi kelayakan isi buku ajar, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kegrafikaan buku ajar dinilai oleh tiga orang validator yang merupakan pakar dalam pendidikan IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93085
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository