Browsing SRA-Education by Subject "Hasil Belajar"
Now showing items 1-20 of 22
-
Aplikasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 02 Jember
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran. Hal ... -
Efektivitas Active Knowledge Sharing (AKS) dengan Asesmen Portofolio Berbasis Learning Scaffolding terhadap Motivasi dan Capaian Hasil
(UNEJ, 2015)Hasil observasi menunjukkan guru sering menggunakan metode pembelajaran diskusi dan presentasi yang belum mengacu pada strategi pembelajaran tertentu. Kurangnya dukungan dari lingkungan belajar, misalnya guru dan interaksi ... -
Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi di SDN Kepatihan 06 Jember
(UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui penerapan metode inkuiri. Hal ini dikarenakan di kelas ... -
Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jember
(UNEJ, 2012)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi ... -
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING
(UNEJ, 2014)Perubahan dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah dalam pembelajaran, dari pembelajaran yang berpusat pada pendidik menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik ... -
Penerapan Metode Permainan Tebak Kata dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukoharjo 04 Probolinggo dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi melalui penerapan metode ... -
Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebonsari 03 Jember dengan tujuan untuk m enerapkan metode sosiodrama agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT)
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi IV Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Pkn Tema Harga Diri di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ampel 04 Wuluhan Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Ampel ... -
Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi
(UNEJ, 2015)Kualitas pembelajaran ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola kegiatan pembelajaran menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi ... -
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan para Tokoh Daerah dalam
(UNEJ, 2012)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Rambigundam 02 Jember dengan tujuan untuk menerapkan Teams Games Tournament (TGT) agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan ... -
Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan
(UNEJ, 2013)Pendekatan matematika realistik merupakan pendekatan yang menempatkan realitas dan lingkungan siswa sebagai titik awal pembelajaran, siswa didorong atau ditantang untuk aktif bekerja bahkan diharapkan dapat mengkonstruksi ... -
Penerapan Pendekatan SAVI(Somatic, Auditory, Visualization, Intectualy) Dikombinasikan dengan Model Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Negeri Kencong Jember.
(UNEJ, 2014)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII MTs negeri kencong Jember. Jenis penelitian ... -
Penerapan Teori Belajar Bruner dan Metode Discovery
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 01 Kaligondo Genteng Banyuwangi dengan tujuan untuk menerapkan teori belajar Bruner dan metode discoveryagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III mata ... -
Pengaruh kemandirian dan Gaya Belajar Kinestetik terhadap Hasil Belajar pada Siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Mata Pelajaran Akuntansi pada Standar Kompetensi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Ajaran 2012/ 2013
(UNEJ, 2013)Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ... -
Pengaruh Model Inkuiri Disertai Metode Outbond Terhadap Hasil belajar Fisika Siswa Kelas X MA Al-Hidayah Jember
(UNEJ, 2015)Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Model Inkuiri disertai metode Outbond terhadap hasil belajar fisika siswa di MA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, penentuan populasi menggunakan ... -
PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO
(UNEJ, 2015)Proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila penggunaan model pembelajaran sesuai dan tepat dengan materi yang akan disampaikan. Model pembelajaran blended learning merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA STUDI MATA PELAJARAN EKONOMI DI KEJAR PAKET C UPTD SKB BONDOWOSO TAHUN 2013
(UNEJ, 2013)Penelitian ini membahas penerapan metode demonstrasi pada studi pelajaran Ekonomi di kejar paket C UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso Tahun 2013. Dengan penerapan metode demonstrasi, warga beajar dapat lebih aktif ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II-A melalui Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Pkn Tema Sikap Demokratis di SDN Tegalgede 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas II-A SDN Tegalgede 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas II-A melalui penerapan metode bermain peran (role playing) dalam pembelajaran Pkn ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah - Masalah Sosial Kelas IVB SDN 7 Kajarharjo Kalibaru Tahun Ajaran 2012 - 2013
(UNEJ, 2014)Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan ...