• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi

    Thumbnail
    View/Open
    FRINA RACHMAWATI.pdf (274.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    Frina Rachmawati
    Pujiastuti
    Sulifah Aprilya H
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas pembelajaran ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola kegiatan pembelajaran menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran siklus belajar ( Learning Cycle 5E) berbantuan LKS. Perbaikan dalam proses pembelajaran perlu dibangun dan dikembangkan untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif antara guru dengan siswa. Dalam hal ini siswa dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya, pembelajaran di SMP 14 Jember masih bersifat konvensional, dimana sistem penyampaiannya lebih banyak didominasi oleh guru, sedangkan siswa cenderung diam dan secara pasif menerima materi pelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, selain itu juga minat untuk melakukan praktikum sederhana dan membaca juga rendah sehungga siswa kurang memahami konsep materi yang disampaikan.  Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu siklus belajar ( Learning Cycle 5E) berbantuan LKS. Penerapan model pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Jember. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII D semester I SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 20014/2015. Berdasarkan analisis hasil penelitian motivasi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus I ke pasca siklus II yaitu pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar 1,35 (4,22%), aspek relevance meningkat sebesar 2,89 (9,03%), aspek confidence meningkat sebesar 1,57 (4,9%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,38 (7,44%) selain itu diperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu pada ranah kognitif dari pra siklus, siklus I dan siklus II meningkat sebesar 32,2% dan  ranah psikomotor meningkat sebesar 15,6%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63591
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository