Pengaruh kemandirian dan Gaya Belajar Kinestetik terhadap Hasil Belajar pada Siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu Mata Pelajaran Akuntansi pada Standar Kompetensi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Semester Genap Tahun Ajaran 2012/ 2013
View/ Open
Date
2013Author
Muh Hasan Bisri M, Muh
Dr Sukidin, Dr Sukidin, M.Pd M.Pd
Drs. Pudjo Suharso, Pudjo M.Si
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar
siswa kelas XI IPS SMAN Ambulu. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Menengah
Atas Negeri (SMAN) dengan sampel sebanyak 54 responden yang dipilih secara acak diambil dari total populasi sebanyak
116 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode
analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis inferensial dengan menggunakan
analisis regresi linear berganda. Hasil koefisien determinasi berganda Rsquare menunjukkan bahwa kemandirian dan gaya
belajar kinestetik berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 51,9%. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar dapat
terbukti. Temuan dalam penelitian ini pengaruhnya relatif kecil karena adanya beberapa faktor lain Menurut Sunarto (2009)
faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain:Faktor Intern diantaranya:kecerdasan;minat;bakat;motivasi dan
faktor eksternal diantaranya: lingkungan keluarga; sekolah; dan masyarakat.
Collections
- SRA-Education [1352]