Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas II-A melalui Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Pkn Tema Sikap Demokratis di SDN Tegalgede 01 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas II-A SDN Tegalgede 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas II-A melalui penerapan metode bermain peran (role playing) dalam pembelajaran Pkn tema sikap demokratis di SDN Tegalgede 01 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa termasuk kriteria kurang aktif dan hasil belajar siswa termasuk kriteria kurang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II-A dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 32,8% (kriteria kurang aktif), mengalami peningkatan 26,8% dengan persentase sebesar 59,6% (kriteria cukup aktif) pada siklus I. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15% dengan persentase sebesar 74,6% (kriteria aktif) pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada pra siklus 58,2 (kriteria kurang), pada siklus I sebesar 81,56 (kriteria sangat baik, dan pada siklus II sebesar 88,87 (kriteria sangat baik).
Collections
- SRA-Education [1352]