• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan SAVI(Somatic, Auditory, Visualization, Intectualy) Dikombinasikan dengan Model Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Negeri Kencong Jember.

    Thumbnail
    View/Open
    BIBIT DEWI WINDARI.pdf (264.7Kb)
    Date
    2014
    Author
    Bibit Dewi Windari, Bibit
    Jekti Prihatin, Jekti
    Suratno, Suratno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII MTs negeri kencong Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mencakup planning, action, observasi, dan reflection. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII U MTs Negeri Kencong Jember yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.Aspek motivasi ada empat kriteria yaitu attention, relevance, confidance, dan satisfaction. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila persentase hasil belajar siswa mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII MTs Negeri kencong Jember. Hal ini terlihat dengan adanya kenaikan persentase motivasi belajar dari siklus I ke pasca siklus II. Pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar 2,48 (7,80%), aspek relevance meningkat sebesar 2,67 (9,50%), aspek confidence meningkat sebesar 2,20 (7,97%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 1,98 (6,16%) dan hasil belajar siswa pada ranah afektif dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 48,4% dari 29% pada siklus I menjadi 77,4%. Ranah kognitif meningkat sebesar 35,48% dari 45,16% pada siklus I menjadi 80,64% pada siklus II. Hal ini berarti bahwa penerapan pendekatan SAVI dikombinasikan dengan model Scramble dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63091
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository