SRA-Education
Browse by
Recent Submissions
-
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
(UNEJ, 2016)Pembelajaran sejarah dapat dikatakan baik apabila memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan potensi. Pembelajaran sejarah di MAN 1 Jember telah menerapkan metode yang cukup inovatif, 40% metode ceramah, 20% ... -
Analisis Wacana Kritis Pada Lirik Jingle Program Pemerintahan Orde Baru
(UNEJ, 2016)Jingle iklan adalah pesan iklan yang dikemas dalam bentuk lagu, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat terhadap produk yang berupa barang atau jasa yang dipromosikan oleh pembuat iklan. Salah satu contoh jingle iklan ... -
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B2 Melalui Teknik Menggambar Bebas Di TK DARUS SHOLAH Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di TK Darus Sholah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan teknik menggambar bebas untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 yang masih belum optimal. Hal ... -
Alih Kode dalam Komunikasi Antarsantri di Lingkungan Pondok Pesantren “Kyai Syarifuddin” Wonorejo Lumajang
(UNEJ, 2016)Alih kode merupakan gejala bahasa yang acapkali muncul dalam tuturan lisan masyarakat multibahasa. Appel (dalam Aslinda 2010:85) mendefinisikan alih kode sebagai, “Gejala peralihan pemakaian bahasa, karena berubahnya ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Model Learning Cycle Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam yang terdiri dari fakta, konsep, prinsip, dan teori yang merupakan produk dari proses ilmiah (Samatowa, 2011:20). Berdasarkan hasil wawancara ... -
Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Darus Sholah Jember pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih berpusat kepada guru (Teacher ... -
Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A2 Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Kepingan Bangun Datar Di TK Sekar Tanjung Kecamatan Sempu Kabupaten Bayuwangi Tahun Pelajaran 2015-2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak kelompok A2 mengenal Bentuk Geometri di TK Sekar Tanjung Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Terdapat sebagian anak yang kemampuan Mengenal bentuk geometrinya ... -
Improving the Seventh Grade Students' Vocabulary Achievement by Using English Songs at SMPN 2 Kencong Jember
(UNEJ, 2016)The research design used in this research was a Classroom Action Research. The objectives of this research were to improve the seventh grade students' participation and vocabulary achievement in the vocabulary teaching and ... -
HUBUNGAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP TATA KECANTIKAN RAMBUT DENGAN PENINGKATAN EKONOMI WARGA BELAJAR DI LKP WIDHI JEMBER
(UNEJ, 2016)Pendidikan kecakapan hidup merupakan bagian dari tanggapan terhadap tingginya angka kemiskinan, tingginya angka pengangguran, dan tingginya jumlah anak putus sekolah. Pendidikan kecakapan hidup mampu memberikan kecakapan ... -
Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Jumputan Pada Anak Kelompok B TK Asy-Syafa'ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di TK Asy-Syafa'ah Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan kegiatan membatik jumputan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B yang masih rendah. Rumusan masalah ... -
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN KEBONSARI 04 JEMBER
(UNEJ, 2016)Contextual teaching and learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach dengan Discovery Learning Terintegrasi HOTS Materi Pola Bilangan Kelas VII SMP
(UNEJ, 2016)Pergantian Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan ilmiah atau scientific approach pada pelaksanaan pembelajaran di Indonesia saat ini menjadi salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas ... -
Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa (Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Jember Pokok Bahasan Plantae Tahun Pelajaran 2015/2016)
(UNEJ, 2016)Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan media ... -
Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Globalisasi Semester 2 di SDN Tegalgede 02 Sumbersari Jember
(UNEJ, 2016)PKn merupakan mata pelajaran yang menfokuskan pada pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajiban untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Problem-based ... -
PERTUNJUKAN WAYANG KULIT DI KABUPATEN JEMBER PADA TAHUN 1980-2014
(UNEJ, 2016)Seni pertunjukan wayang kulit di kabupten Jember tidak diketahu pasti tahun kedatangannya, akan tetapi di pastikan kesenian pertunjukan wayang kulit sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Kesenian pertunjukan wayang kulit ... -
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa IPA-Biologi (Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada Siswa Kelas VII E Mts Negeri Sukowono Jember Semester Genap 2015/2016)
(UNEJ, 2016)Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA siswa kelas VII E MTsN Sukowono dengan menerapkan model PBL dilengkapi ... -
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X
(UNEJ, 2016)Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode eksperimen terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa ... -
Peningkatan Keterampilan Menyimak Intensif Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Slawu 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SDN Slawu 01 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti ... -
Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B1 Melalui Metode Bercerita di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kebupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara anak kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Rendahnya keterampilan berbicara anak disebabkan oleh ... -
Peningkatan Perilaku Sosial Anak Kelompok B RA Nurul Hidayah Melalui Permainan Gobak Sodor Di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perilaku sosial anak kelompok B2 di RA Nurul Hidayah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan permainan ...