Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah - Masalah Sosial Kelas IVB SDN 7 Kajarharjo Kalibaru Tahun Ajaran 2012 - 2013
View/ Open
Date
2014Author
Riyan Eka Andriyani, Riyan
Sukidin, Sukidin
Marjono, Marjono
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV SDN 7 Kajarharjo, Kalibaru, Banyuwangi tahun
pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
siswa dalam pembelajaran IPS melalui berpikir kritisdan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 2,9 meningkat pada
siklus II sebesar 3,5 sehingga peningkatannya sebesar 0,6. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65%,
meningkat pada siklus II sebesar 95% sehingga peningkatannya sebesar 95 %.
Collections
- SRA-Education [1352]