Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan
View/
Date
2013Author
FIDDIYAH, Intan
SUGIARTI, Titik
SYARIFFUDIN
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendekatan matematika realistik merupakan pendekatan yang menempatkan realitas dan lingkungan siswa sebagai titik
awal pembelajaran, siswa didorong atau ditantang untuk aktif bekerja bahkan diharapkan dapat mengkonstruksi atau
membangun  sendiri  pengetahuan  yang  akan  diperolehnya.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendiskripsikan
penerapan  pendekatan  matematika  realistik,  meningkatkan  aktivitas  siswa  dan  hasil  belajar  siswa.  Penelitian  ini
menggunakan  dua  siklus.  Setiap  siklus  terdiri  dari  perencanaan,  pelaksanaan,  pengamatan  dan  refleksi.  Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data hasil belajar siswa
secara klasikal pada siklus 1 dan 2 yaitu 71,68% dan 83,68%. Pembelajaran tersebut berjalan dengan lancar dan dapat
dikatakan hasil belajar siswa secara klasikal sudah tuntas dan penelitian dapat dihentikan. Hal ini menunjukkan bahwa
pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Collections
- SRA-Education [1352]
