Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 183-202 of 266
-
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X SMK BERBASIS MULTIREPRESENTASI
(2016-11-24)Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelayakan isi modul pembelajaran fisika kelas X SMK berbasis multirepresentasi, (2) mendeskripsikan kelayakan bahasa modul pembelajaran fisika ... -
Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Real Picture Analysis (RPA) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-23)Science learning is currently directed at preparing students to successfully fulfill 21st century skills with critical thinking skills being the most basic skills. Learning is a communication process between educators ... -
Pengembangan Paket Tes AKM Konteks Saintifik untuk Mengukur Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Pertama
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-09-28)Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan menggunakan pengetahuan dan keterampilan membaca, serta matematika dan sains. Namun, literasi matematis siswa di ... -
Pengembangan Paket Tes Geometri Pokok Bahasan Bangun Datar untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-31)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mendeskripsikan profil ... -
PENGEMBANGAN PAKET TES KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA SMP
(2016-08-19)Hasil PISA(Program for International Student Assessment) tahun 2012, menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menyatakan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia berada pada peringkat 64 ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA
(2017-08-10)Membuat perangkat pembelajaran merupakan salah satu tugas pokok guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPASIAL
(2017-08-24)Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan siswa dan guru melakukan kegiatan pembelajaran (Hobri, 2010:32). Perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam mengelola proses belajar mengajar ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Barisan dan Deret Menggunakan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-16)Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa, tetapi kemampuan tersebut masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah metode mengajar guru masih didominasi dengan ceramah di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Model Problem Based Learning (PBL) Teorema Pythagoras Fase D
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-07-31)The research conducted aims to create teaching tools that can be declared valid, practical, and effective, especially on the subject of the Pythagorean theorem. The development of this learning tools was carried out with ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Jumping Task pada Pokok Bahasan Kubus untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMP Kelas VIII
(2018-08-30)Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Matematika bukan hanya alat bantu untuk matematika ... -
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT USING BANYUWANGI MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TRAPESIUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA
(2017-10-23)Kemampuan Komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh siswa secara maksimal, terlebih lagi pada pembelajaran Kurikulum 2013. Akan tetapi, kenyataanya berbeda ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian dengan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Generalisasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Pewarnaan Graceful
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-01-21)Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian dengan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Generalisasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pewarnaan Graceful. Muhammad Lutfi Asy’ari, 200220101008; ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Konjektur Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Pewarnaan Titik 𝒓-Dinamis
(Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-02-04)Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk membentuk pola pikir bangsa sehingga sangat berpengaruh dalam kemajuan suatu negara, selain itu pendidikan adalah suatu sarana yang penting dalam kelangsungan hidup ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Research Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Conjecturing Mahasiswa Dalam Kajian Local Antimagic Vertex Dynamic Coloring
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-01-30)Perguruan tinggi telah direkonstruksi kurikulum sesuai dengan Permenristek Dikti No. 44 tahun 2015 tentang SNPT dan Perpres No. 2 tahun 2010 tentang KKNI, kurikulum pada perguruan tinggi disebut dengan KPT 2013. Proses ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Riset Terintregrasi Stem Dan Pengaruhnya Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif dalam Mengidentifikasi Senyawa Bioaktif Pada Ekstrak Cacing Tanah Pheretima Javanica
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-07-27)Perguruan tinggi merupakan lembaga tempat mengembangkan ilmu pengetahuan: menyusun, mengkonservasi dan menyebarkan ilmu pengetahuan. Merujuk kepada tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Dengan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Statistika
(2019-04-10)Perkembangan zaman menuntut adanya upaya peningkatan mutu pendidikan. Hal ini sejalan dengan terus dikembangkannya kurikulum pendidikan di Indonesia. Kurikulum merupakan niat dan harapan yang dituangkan ke dalam bentuk ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating Dan Transfering) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Smp Kelas Vii
(2018-07-11)Peningkatan mutu pendidikan untuk kualitas sumber daya manusia yang baik dan bermutu. Untuk itu perlu dilakukan pembaruan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan demi terwujudnya generasi penerus yang terdidik ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Rme Etnomatematika Batik Nusantara Materi Transformasi Geometri Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-08-15)Kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien jika didukung oleh perangkat pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community Dan Pengaruhnya Terhadap Higher Order Thinking Pokok Bahasan Barisan dan Deret Kelas X SMK
(2018-11-21)Barisan dan Deret merupakan pokok bahasan matematika yang sarat dengan penerapan masalah kontekstual dan kemampuan berfikir tingkat tinggi. Siswa sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah kontekstual ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Materi Local Super Antimagic Total Face Coloring
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-01-02)Kemampuan berpikir kreatif sangat penting di era abad ke-21, karena di era abad ke-21 setiap orang harus mempunyai keterampilan 4C‟s yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Namun ...