• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT USING BANYUWANGI MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN TRAPESIUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    ENDANG POETRI ASTUTIK, S.Pd - 150220101017.pdf sdh.pdf (3.644Mb)
    Date
    2017-10-23
    Author
    ASTUTIK, ENDANG POETRI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Komunikasi matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh siswa secara maksimal, terlebih lagi pada pembelajaran Kurikulum 2013. Akan tetapi, kenyataanya berbeda terbukti banyak siswa yang masih belum mampu mengkomunikasikan gagasan/ide mereka dengan symbol, gambar, tabel, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau permasalahan matematika. Siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal dengan runtut langkah demi langkah dan jarang menyertakan gambar untuk mempermudah menyelesaikan soal yang diberikan. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan permasalahan matematika yang dihadapi ke dalam proses menyelesaikan permasalahan matematika adalah melalui model pembelajaran penemuan terbimbing dengan materi pembelajaran yang bersumber dari kearifan lokal sehingga siswa dapat berperan aktif dalam memperoleh pengalaman dan melakukan eksperimen-eksperimen yang mengijinkan siswa untuk menemukan prinsip-prinsip itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS berbasis kearifan lokal masyarakat Using Banyuwangi melalui model penemuan terbimbing dimana tahaptahap penemuan terbimbing ini dimunculkan mulai dari pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian sampai dengan pengambilan kesimpulan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82443
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository