• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PAKET TES KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA SMP

    Thumbnail
    View/Open
    TRI NOVITA IRAWATI -1.pdf (2.221Mb)
    Date
    2016-08-19
    Author
    IRAWATI, Tri Novita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil PISA(Program for International Student Assessment) tahun 2012, menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) menyatakan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia berada pada peringkat 64 dari 65 negara. Persentase jawaban benar soal level 5 dan 6 siswa Indonesia mendekati nol yaitu 0,3. Kemampuan pada level 5 dan 6 berupa kemampuan penalaran melakukan konseptualisasi dan generalisasi dengan menggunakan informasi berdasarkan modeling dan penelaahan dalam suatu situasi yang kompleks. Sehingga kemampuan menggunakan penalaran matematika merupakan hal pokok yang harus dikuasai siswa. Hasil dari analisis, kemampuan penalaran yang paling mendasar adalah penalaran proporsional. Saat ini sudah banyak dikembangkan tes tentang kemampuan bernalar seperti Group Assesment of Logical Thinking Test (GALT), Test of Logical Thinking (TOLT) dan Classroom Test of Scientific Reasoning (CTSR). Akan tetapi tes tersebut hanya mengukur kemampuan penalaran formal siswa dan belum mengarah pada kemampuan penalaran formal yang paling mendasar. Selanjutnya, perlu dilakukan pengembangan paket tes kemampuan penalaran dasar yaitu penalaran proporsional untuk siswa SMP. Pengembangan tersebut diaplikasikan dalam sebuah buku paket tes kemampuan penalaran proporsional berdasarkan teori Rahmah Johar (2005) yang menyebutkan tentang 5 level dalam penalaran proporsional yang meliputi penalaran kualitatif, aditif, pra multiplikatif, multiplikatif implisit serta multiplikatif. Hasil pengembangan paket tes selanjutnya diujicobakan dan dianalisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi oleh validator, studi pustaka dan angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan paket tes kemampuan penalaran proporsional siswa SMP. Hasil analisis ujicoba penelitian menghasilkan 75 soal yang memenuhi kriteria. Kriteria tersebut adalah tingkat validitas 0,9, reliabilitas 0,9, tingkat kepraktisan dan keefektifan 𝐼𝑃 4,3 dan 𝐼𝐸 4,075 dengan kategori tinggi serta respon siswa dan guru terhadap paket tes mencapai persentase 87% dan 80%. Paket tes dapat digunakan guru sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam mengukur kemampuan penalaran proporsional dalam setiap levelnya. Paket tes juga dapat digunakan sebagai salah satu acuan untuk mengembangkan kembali paket tes kemampuan penalaran proporsional dengan tipe soal lain, misalnya tipe soal subjektif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76670
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository