• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    HESSY SUSANTI - 150220101001.pdf (2.471Mb)
    Date
    2017-08-10
    Author
    SUSANTI, HESSY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membuat perangkat pembelajaran merupakan salah satu tugas pokok guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dimaksud meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Hasil Belajar (THB). Dalam penelitian ini, perangkat pembelajaran dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan model Problem-Based Learning untuk mengembangkan kreativitas siswa MTs pada materi bangun ruang sisi datar khususnya keliling jaring-jaring prisma. Problem-Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata sebagai fokus utama dan sebagai sarana bagi siswa untuk mengembangkan ketrampilan dalam menyelesaikan masalah, berpikir kritis dan kreatif serta membangun pengetahuan baru melalui penyelesaian masalah yang bersifat terbuka (open ended). Alasan pemilihan materi bangun ruang sisi datar khususnya keliling jaring-jaring prisma dalam penelitian ini karena pada siswa kelas VIII tingkat SMP/MTs materi ini belum disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis Problem-based Learning (PBL) untuk mengembangkan kreativitas siswa SMP/ MTs kelas VIII yang valid, praktis dan efektif serta hasil rumusan keliling jaring-jaring prisma tegak segi-n beraturan dengan sisi tegak mengelompok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan rancangan penelitian model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Terdapat 2 jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran validator, praktisi maupun siswa. Sedangkan skor hasil validasi, skor lembar observasi guru dan siswa, skor hasil tes hasil belajar dan angket respon siswa digunakan untuk mengukur data kuantitatif. Analisis data kualitatif dan data kuantitatif dilakukan untuk menilai apakah perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi syarat valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi perangkat yang dilakukan oleh 4 validator yaitu rata-rata keseluruhan skor validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3,89; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Kerja Siswa (LKS) 3,73; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Obsevasi Aktivitas Guru 3,83; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Obsevasi Aktivitas Siswa 3,83; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Tes Hasil Belajar (THB) 3,91; rata-rata keseluruhan skor validasi Lembar Angket Respon Siswa 3,72. Hal ini berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Ujicoba lapangan dilakukan di MTs Negeri 8 Jember digunakan untuk memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan. Kepraktisan diperoleh dari hasil rata-rata keseluruhan skor hasil observasi aktivitas guru 2,54 yang menunjukkan kriteria baik. Ini berarti perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Keefektifan dinilai dari tes hasil belajar siswa yang menjawab tuntas sebanyak 89,29%; hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan 94,05% sangat aktif dan sebanyak 89,3 % siswa memberikan respon positif. Berdasar aktivitas tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat memenuhi kriteria efektif. Pada penelitian ini, juga menghasilkan penemuan rumus keliling jaringjaring prisma tegak segi-n beraturan dengan sisi tegak mengelompok yaitu: Kjn = 2 ((2n - 2)a + t) , n ≥ 3 Keterangan: Kjn = Keliling jaring-jaring prisma tegak segi-n beraturan dengan sisi tegak mengelompok n = jumlah rusuk alas prisma tegak segi-n beraturan a = panjang rusuk alas prisma tegak segi-n beraturan t = tinggi prisma tegak segi-n beraturan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81026
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [265]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository