Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 118-137 of 248
-
Pengembangan Model Pembelajaran DIIASE (Display Problems, Identify Problems, Investigation, Analysis, Sharing, Evaluating) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan R-VGM Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-21)Qualifications of Human Resources to face the challenges of the 21st century are required to have critical thinking skills. Meanwhile, one of the skills needed in learning physics is verbal, graphic, and mathematical ... -
Pengembangan Model Advance Project Learning (APL) untuk Meningkatkan HOTS dan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Kimia di SMAN Kelas XI
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07)Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempunyai peranan penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Para ahli kimia mempelajari gejala alam melalui proses pengamatan dan eksperimen yang ... -
PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKAN ASSURE
(2017-03-09)Berdasarkan pembahasan mengenai pengembangan model pembelajaran Blended Learning maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hasil validasi dari para ahli yang terdiri dari ahli materi pembelajaran, ... -
Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Unsur Metode Sorogan Untuk Pembelajaran Ipa Siswa Mts
(2018-12-12)Hasil uji validitas meliputi validitas silabus mencapai 85,7% dengan kategori sangat valid, validitas RPP mencapai 87,5% dengan kategori sangat valid, validitas soal tes mencapai 85,2% dengan kategori sangat valid, ... -
Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Unsur Metode Sorogan Untuk Pembelajaran IPA Siswa MTs
(2018-07)Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan tahap-tahap penelitian Borg & Gall (1893) sampai pada tahap revisi hasil uji efektivitas kelompok besar terbatas, yang menghasilkan produk berupa model ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Real Questing (Reorientation, Questioning, Investigation, Solving) Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Biologi SMA
(2019-04-08)Kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang memperkaya pengalaman belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu kegiatan dalam pendekatan ini adalah kegiatan bertanya. Kegiatan bertanya diharapkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran IPA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-01-22)Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu rekomendasi model pembelajaran abad 21 karena dapat membantu siswa menghubungkan apa yang telah mereka pelajari dengan masalah dunia nyata. Namun, perlu ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Integrated By Discovery (ALID) pada siswa SMA kelas X dengan Model Borg and Gall
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2019-05-24)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan sekolah SMA Negeri di Kabupaten Jember yaitu pada mata pelajaran sejarah, model pembelajaran yang digunakan pendidik belum memfasilitasi peserta didik untuk berfikir ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AGT Re-Con (AUDITORY GUIDING TESTING REPETITION AND CONCLUSSION) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR IPA DI MTs
(2017-01-13)Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pembelajaran IPA di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-15)Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu negara. Peran pendidikan akan terwujud dalam proses pembelajaran dengan menghasilkan kemampuan siswa. Kemampuan yang bermanfaat dalam pembelajaran ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Matematika
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-31)Literasi matematika sebagai bagian dari Asesmen Kompetensi Minimal, menjadikan literasi matematika sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa di Indonesia. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Computational Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking dan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika dI SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Karakteristik peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang akan menuju era society 5.0 menuntut banyak kemampuan yang harus bisa dimiliki terutamanya pada kecakapan dalam menyelesaikan masalah dan Computational thinking ... -
Pengembangan Model Pembelajaran DIIASE (Display Problems, Identify Problems, Investigation, Analysis, Sharing, Evaluating) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan R-VGM Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-21)Qualifications of Human Resources to face the challenges of the 21st century are required to have critical thinking skills. Meanwhile, one of the skills needed in learning physics is verbal, graphic, and mathematical ... -
Pengembangan Model Pembelajaran DOMAR (Determining, Obtaining, Managing, Argumenting, Reviewing) untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah dan Keterampilan R-VGM pada Pembelajaran Fisika
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-22)The 21st century provides significant changes to various aspects of life so that students are required to have 21st century skills, namely 4C. Scientific argumentation skills and R-VGM skills are 21st century skills. The ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DOTISC (DIRECTION, ORGANIZATION, TUTORING, IMPLEMATION, SOLUTION, AND CONFIRMATION) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2016-11-28)Pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang harus disusun dan direncanakan oleh guru agar dapat berjalan dengan baik, efektif, dan mencapai tujuannya. Bukan sekedar melakukan pengajaran dengan guru hanya ... -
Pengembangan Model Pembelajaran EQADE (Engage, Question and Answer, Discuss, Evaluate) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Motivasi Belajar Kimia Peserta Didik di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-27)Dunia pendidikan saat ini telah dihadapkan pada tantangan yang semakin berat. Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang dapat bersaing dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada. Salah satu kemampuan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Gsece (Guiding, Searching, Experiencing, Communicating, Evaluating) Untuk Pembelajaran Fisika Di Smk
(2018-07-11)Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa sehingga pembelajaran berhasil baik yaitu dapat dilakukan melalui mengembangkan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan didesain mampu meningkatkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran IDDEEE (Issue, Doing, Doing , Elaboration , Elaboration , Establish) Untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi dan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-23)Kerangka kompetensi abad 21 menghendaki pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk kreatif, inovatif, dan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah, dan bertanggung jawab. Berpikir kreatif merupakan salah satu ... -
Pengembangan Model Pembelajaran ilc3 (Identify, Literature Review, Construct, Create and Communicate) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bioteknologi
(2020)Siswa yang hidup pada abad 21 dituntut untuk menguasai keilmuan, berketerampilan metakognitif, berpikir kritis dan kreatif, serta dapat berkomunikasi dan berkolaborasi. Keterampilan abad 21 merupakan sebuah perkembangan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Meaningful Investigation Laboratory (MIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan R-VGM pada Pembelajaran Fisika Di SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020-03)Tuntutan inovasi pembelajaran abad 21 semakin berkembang sebagai akibat dari kemajuan bidang ilmu pengetahuan, dan teknologi. Inovasi pembelajaran fisika diperlukan salah satunya dengan mengembangkan model pembelajaran ...