• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Integrated By Discovery (ALID) pada siswa SMA kelas X dengan Model Borg and Gall

    Thumbnail
    View/Open
    Dyah Ayu Safitri - 170220303013_.pdf (4.371Mb)
    Date
    2019-05-24
    Author
    SAFITRI, Dyah Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan sekolah SMA Negeri di Kabupaten Jember yaitu pada mata pelajaran sejarah, model pembelajaran yang digunakan pendidik belum memfasilitasi peserta didik untuk berfikir kesejarahan (historical thinking skill ). Berdasarkan hasil observasi awal, sekolah yang menerapkan model Acelerated learning belum menyajikan suatu upaya praktis pemercepatan yang disukai oleh peserta didik, melainkan bersifat kurang edukatif dan terdapat unsur keterpaksaan seperti sistem “drill”. Model pembelajaran yang digunakan pendidik untuk menyampaikan materi sejarah telah diupayakan mengarah pada kemampuan Historical Thinking Skill peserta didik. Walaupun, materi sejarah pada kelas X yang terdapat peserta didik tergolong Generasi Z sudah memperkenalkan beberapa bagian tentang keterampilan berpikir kesejarahan. Namun upaya untuk memasukkan Historical Thinking Skill dalam pembelajaran sejarah tidak sepenuhnya berhasil. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis kebutuhan yang menunjukkan bahwa ketercapaian 5 indikator dalam Historical Thinking Skill masih rendah. Data historical thinking skill pada peserta didik di SMA Negeri 5 Jember sebesar 34,30% dan pada SMA Negeri Kalisat sebesar 33,75%. Model pembelajaran yang mampu meningkatkan 5 indikator dalam Historical Thinking Skill menjadi dibutuhkan. Pengembangan model Accelerated Learning Integrated by Discovery menjadi langkah peningkatan aspek Historical Thinking Skill siswa kelas X SMA di Kabupaten Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94414
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository