• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA MENGGUNAKAN ASSURE

    Thumbnail
    View/Open
    RIYATI - 140220303012_.pdf (892.8Kb)
    Date
    2017-03-09
    Author
    RIYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan pembahasan mengenai pengembangan model pembelajaran Blended Learning maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. Hasil validasi dari para ahli yang terdiri dari ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli bahasa memberikan hasil yang sangat baik walaupun ada beberapa revisi untuk perbaikan. Hasil validasi untuk ahli materi pembelajaran memiliki skor 104 dari skor maksimal 115. Hasil validasi untuk ahli Media pembelajaran memiliki skor 123 dari skor maksimal 135, sedakan hasil validasi untuk ahli desain pembelajaran dimana untuk ahli validasinya jadi satu dengan media pembelajaran memiliki skor 94 dari skor maksimal 100. Hasil validasi untuk ahli materi pembelajaran memiliki skor 45 dari skor maksimal 50. b. Pengembangan model pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran Sejarah SMA dengan menggunakan ASSURE mampu menunjang pembelajaran sejarah indonesia menjadi pembelajaran yang layak, praktis, dan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis dari uji coba lapangan yaitu untuk kelayakan sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan untuk analisis kepraktisan yaitu sebesar 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk uji efektifitas dapat dilihat dari hasil analisis pada uji coba lapangan dengan menggunakan uji t independent sample test yaitu P < 0,00; df = 32; t = -6,653, dengan selisih perbedaan antara pretest dan postest sebesar -6,27273. Nilai negatif pada selisih keduanya menunjukkan pretest lebih rendah daripada postest. Artinya dengan adanya pengembangan model pembelajaran Blended Learning dengan menggunakan ASSURE telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 6,27273 dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/79572
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository