Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 11276-11295 of 14520
-
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN DAWUHAN WETAN 04 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011
(2013-12-17)Hasil penelitian menunjukkan dengan penggunaan metode role playing aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum tindakan mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan, aktivitas belajar ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Pembelajaran Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negeri Klompangan 02 Ajung-Jember Tahun Ajaran 2009/2010
(2014-01-22)Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran IPS akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, ... -
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Media Pembelajaran Peta Konsep Pada Pokok Bahasan Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia Kelas V SD Negeri Klompangan 02 Ajung-Jember Tahun Ajaran 2009/2010
(2014-01-22)Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran IPS akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-D SMP NEGERI 11 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-D SMP NEGERI 11 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013 PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-D SMP NEGERI 11 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-20
(2013-12-05)Tinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai peserta didik dalam pembelajaran salah satunya ditentukan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu meningkatkan ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN TOKOH-TOKOH PENTING DALAM PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
(2013-12-06)Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode bermain peran (role playing) pada pokok bahasan tokoh-tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan di kelas VA SDN Mangli 01 dapat meningkatkan aktivitas ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SEKOLAH DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS 3 SDN AJUNG 04 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-09-12)Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIGUNDAM 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-09-11)Kegiatan pembelajaran di SDN Rambigundam 03 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena dalam ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV A SDN KENCONG 02 JEMBER
(2014-01-23)Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar. Banyak yang berpendapat bahwa IPS merupakan pembelajaran yang membosankan, sebenarnya kebosanan bukan disebabkan oleh materinya ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA DeNGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN KETING 01 JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-09-17)Kegiatan belajar mengajar di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE-A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV A SDN KENCONG 02 JEMBER
(2013-09-19)Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar. Banyak yang berpendapat bahwa IPS merupakan pembelajaran yang membosankan, sebenarnya kebosanan bukan disebabkan oleh materinya ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KENCONG 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-27)Ketidakberanian siswa untuk bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN ANTIROGO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2014-01-28)Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPS yang diajarkan masih menggunakan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu ceramah, mencatat dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
(2013-12-09)Hasil analisis data pada siklus I menunjukan bahwa hasil ketuntasan aktivitas belajar siswa mencapai 78.79 %. Berdasarkan target yang telah ditentukan, bahwa persentase 78.79% yang dicapai pada siklus 1 sudah mencapai ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA DeNGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN KETING 01 JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Kegiatan belajar mengajar di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PETA PADA SISWA KELAS V SDN 1 KALIMAS KABUPATEN SITUBONDO
(2013-12-09)Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Kalimas Kecamatan Besuki pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini dimulai pada tanggal 28 Oktober 2010 sampai tanggal 16 November 2011. Subjek ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SEKOLAH DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS 3 SDN AJUNG 04 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERJASAMA DI SEKOLAH DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS 3 SDN AJUNG 04 KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2014-01-24)Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas 3 SDN Ajung 04 Kalisat disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan rendahnya ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
(2014-01-24)Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar .siswa disebabkan oleh beberapa hal yaitu : 1. Metode pembelajaran yang diterapkan disekolah yang masih berpusat pada guru dan siswa menjadi ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
(2013-12-09)Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember, di mulai pada tanggal 7 Mei sampai tanggal 14 Mei 2011 subjek penelitian adalah ... -
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIGUNDAM 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-19)Kegiatan pembelajaran di SDN Rambigundam 03 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran ...