PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG MELALUI MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA SISWA KELAS III SDN ANTIROGO 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPS yang
diajarkan masih menggunakan media yang sederhana dan kurang bervariasi yaitu
ceramah, mencatat dan penggunaan buku cetak serta penugasan saja sehingga
pembelajaran cenderung membosankan dan dikuasai oleh guru saja. Hal ini menjadi
salah satu faktor masih rendahnya hasil belajar siswa. Penggunaan media permainan
ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan siswa, , karena dengan
menggunakan media permainan ular tangga pembelajaran menjadi lebih
menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan uang melalui media permainan
ular tangga kelas; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS
pokok bahasan uang melalui media permainan ular tangga kelas; (3) untuk
meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pokok
bahasan uang melalui media permainan ular tangga.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Antirogo 03 kecamatan Sumbersari
kabupaten Jember yang terdiri dari 26 siswa, 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang
siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode
pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif