UT-Faculty of Teacher Training and Education
Browse by
Recent Submissions
-
Kadar Protein Total Serum Tikus Putih yang Diinduksi Protein Sintetik Pengkode Protein Spike SARS-CoV-2 Isolat indonesia dan Pemanfaatannya sebagai Poster
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-07-12)The novel coronavirus, SARS-CoV-2, is the causative agent of the global outbreak of coronavirus disease 2019 (COVID-19), which has been designated a pandemic by the World Health Organization (WHO). The current treatment ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 3 Kelas I SD Labschool FKIP Universitas Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-10-18)Media pembelajaran menjadi sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari guru kepada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas I ... -
Pengembangan Media Komik Edukatif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 2 Konstitusi dan Norma di Masyarakat Kelas IV SDN 4 Sukorejo Banyuwangi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-08)Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang termasuk dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD yaitu untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, ... -
Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Minat Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-13)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan kecerdasan interpersonal dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilator belakangi oleh ... -
Pengaruh Model Design-Based Learning Terhadap Computational Thinking Skill Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-10-14)Computational Thinking Skill merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang didefinisikan sebagai proses berpikir yang berfungsi untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks dengan cara yang sederhana. Computational ... -
Pengembangan E-modul Berbasis Budaya Maritim Kabupaten Situbondo pada Mata Pelajaran IPAS Bab 6 Kelas IV SDN 1 Asembagus
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-12-21)Pembelajaran adalah suatu proses interaksi yang melibatkan semua komponen pembelajaran, seperti guru, siswa, bahan ajar, materi ajar, serta media pembelajaran, sehingga siswa dapat menerima dan menyerap informasi ... -
Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran IPAS BAB 7 Daerahku Kebanggaanku Topik A Seperti Apa Budaya Daerahku Kelas V SDN Tegalwangi 03 Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-19)Penerapan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka harus didukung dengan penggunaan bahan ajar yang secara aktif dapat dikembangkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hasil wawancara pada guru kelas V SDN ... -
Pengaruh LKPD Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-12)Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir reflektif dan beralasan dalam mengambil kesimpulan menggunakan bukti, konsep, metodologi, atau pertimbangan yang kontekstual. Berpikir kritis juga didefinisikan ... -
Campur Kode dalam Wacana Iklan di Radio Argopuro 105 FM Jember
(Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 2024-09-30)Jember merupakan salah satu daerah yang terdapat di Jawa Timur. Jember merupakan daerah pandalungan dengan percampuran budaya yang memunculkan bahasa khas dalam komunikasi masyarakatnya. Jember dihuni oleh beberapa ... -
Analisis Dimensi-Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Rakyat Banyuwangi dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Bahan Ajar IPAS pada Siswa Kelas IV SDN 2 Cluring
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-01)Mata pelajaran IPS memiliki peran penting dalam memberikan wawasan mendalam mengenai hubungan antara manusia dan lingkungan sosial, serta sebagai sarana untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal. Minat ... -
Hubungan antara Miskonsepsi dalam Materi Mengapa Kita Perlu Makan dan Minum Menggunakan Certainty Response Index (CRI) dengan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas V SDN Kunir Kidul 01 Lumajang
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-07-16)The purpose of this study was to determine the relationship between misconceptions in the material of why we need to eat and drink with IPAS cognitive learning outcomes of grade V SDN Kunir Kidul 01 Lumajang Regency. The ... -
Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Topik Menjaga Kesehatan Berbasis Kearifan Lokal pada Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Peserta Didik Kelas II di SDN Nogosari 01 Lumajang
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk permainan ular tangga dengan topik menjaga kesehatan berbasis kearifan lokal. Media ini digunakan untuk memotivasi peserta didik kelas II di ... -
Pengaruh Kegiatan Kolase Bahan Alam terhadap Kreativitas Anak Kelompok A di TK Al-Amien Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-12)Masa anak usia dini merupakan masa usia dari 0-6 tahun. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan yaitu seni kreativitas anak usia 4-5 tahun. Menurut Jamaris (dalam Maryanti, 2022) indikator dari aspek kreativitas meliputi, ... -
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Flashcard terhadap Communication Skill Siswa Kelas IV SDN 1 Asembagus
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-12-04)Abad 21 ini, siswa membutuhkan keterampilan pendukung dalam pembelajaran, diantaranya adalah creative, critical thinking, collaboration skill, dan communication skill atau secara kolektif yang disebut dengan keterampilan 4C. ... -
Pengembangan Media Ular Tangga Digital pada Materi Pancasila dalam Kehidupanku Siswa Kelas V SDN Banjarsengon 02
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-10-17)Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas V SDN Banjarsengon 02, setelah melakukan asesmen diagnostik dengan tujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas VA SDN Banjarsengon 02, ternyata 80% siswa kelas V memiliki ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Besuki pada Materi Siklus Air Melalui Model PBL Berbantuan Media Leaflet
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-10-18)Salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan untuk mencapai keterampilan abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kritis perlu dikembangkan kepada setiap ... -
Pengaruh Brand Image dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Angkatan 2020-2023)
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-11-05)Industri skincare di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan kulit dan bertambahnya brand skincare lokal maupun internasional di pasaran. Salah ... -
Analisis Nilai Karakter dari Tari Orek-orek serta Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Kelas IV SDN Karangbanyu 1 Ngawi
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-10-17)Peran dari pendidikan dinilai begitu penting dalam pembentukan karakter manusia. Dalam menjalankan pendidikan itu perlu adanya penanaman karakter pada diri manusia, karakter termasuk bagian yang sudah melekat pada diri ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 05 Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-07-01)Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 05 Jember. Furin Navisa Putri, 170210204051; 43 halaman; Program Studi Pendidikan ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cloud Computing pada Sub Materi Sumber Daya Alam Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2024-08-19)Integrasi teknologi pada proses pembelajaran memiliki potensi besar untuk meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan kualitas pendidikan. Inovasi pembelajaran yang pesat dalam pengembangan media berbasis teknologi ...