• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Rusdianto La Nunu.pdf (190.8Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Rusdianto La Nunu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember, di mulai pada tanggal 7 Mei sampai tanggal 14 Mei 2011 subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebayak 47 anak, terdiri dari 21 anak laki-laki dan 26 anak permpuan. Proses pengumpulan data mengunakan metode observasi, tes dan wawancara. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis dari siklus 1 menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa memperoleh skor rata-rata 85,10% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 97,87%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 91,47% sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 95,74%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahsan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Adapun saran yang diajukan peneliti dalam penelitian ini yaitu bagi guru adalah dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar hendaknya bisa menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih aktif dalam belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal, bagi lembaga pendidikan adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna dan sekaligus bisa dijadikan sebagai umpan balik bagi pengambilan kebijaksanaan yang diambil dalam rangka peningkatan mutu beslajar mengajar dimasa mendatang dan untuk penlitian selanjutnya agar lebih mengembangakan penelitian dengan menggunakan metode bermain peran pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang lebih luas dan dalam jangka waktu yang lama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6793
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository