• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PETA PADA SISWA KELAS V SDN 1 KALIMAS KABUPATEN SITUBONDO

    Thumbnail
    View/Open
    Mahendra Afnan.pdf (712.7Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MAHENDRA AFNAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Kalimas Kecamatan Besuki pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini dimulai pada tanggal 28 Oktober 2010 sampai tanggal 16 November 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 anak, terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins yang dilakukan dalam dua siklus dan dibantu oleh 2 orang observer. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada siklus I presentase yang diperoleh mencapai sebesar 70,8 % sedangkan pada siklus II presentase yang diperoleh mencapai 83,3 %, dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5%. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,7% dari 24 siswa, 16 siswa telah tuntas dan 8 siswa belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 79,2% dari 24 siswa, 19 siswa telah tuntas dan 5 siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,5%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar pada peta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Kalimas Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6343
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository