• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA DeNGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN KETING 01 JOMBANG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Kristianti_1.pdf (280.6Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Kristianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar mengajar di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru kelas IV dalam kegiatan pembelajaran seharí-hari yang dilakukan oleh guru adalah dengan menjelaskan secara lisan, menulis di papan tulis, dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar, namun hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Ketika guru memberi latihan soal, sebagian besar siswa malas untuk mengerjakannya. Mereka mengatakan malas mengerjakan karena harus membaca di buku teks dan juga mengatakan kurang bisa menjawab karena jawabannya tidak ada di buku serta mereka mengatakan kurang suka belajar IPS karena harus menghafalkan konsep yang panjang. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe scramble digunakan dalam penelitian ini untuk membangun suasana belajar yang semula berpusat pada buku teks menjadi berpusat penerapan kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membuat siswa lebih berminat untuk mempelajari pelajaran IPS dan siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih bermakna sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 ?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Ingin meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Ingin meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember yang terdiri dari 26 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 5 Agustus 2011 sampai dengan 18 Agustus 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 46,63% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 62,02% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 61,35% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 53,85%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,35%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,31% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan kenampakan alam dan sosial budaya. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,39%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10% dan ketuntasannya sebesar 38,46%. Oleh karena itu penelitian di SDN Keting 01 Jombang Kabupaten Jember tuntas. Saran untuk penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat digunakan sebagai model alternatif untuk mengembangkan model pembelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10319
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository