• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN DAWUHAN WETAN 04 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (141.4Kb)
    Date
    2013-12-17
    Author
    Kristina Dianing Prastiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan dengan penggunaan metode role playing aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum tindakan mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan, aktivitas belajar siswa sebesar 52% meningkat pada siklus I sebesar 68% tetapi hasil tersebut masih belum memenuhi target kriteria sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II aktivitas belajar meningkat menjadi 86%. Hasil belajar sebelum tindakan sebesar 63%, pada siklus I meningkat sebesar 66% namun hasil tersebut juga belum mencapai target ketuntasan yang diinginkan sebesar ≥ 75% sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 77%. Hasil yang diperoleh pada siklus II, baik itu aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan sudah mencapai target yang diinginkan sehingga penelitian ini berhenti pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi pokok kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN Dawuhan Wetan 04 Lumajang, dengan aktivitas hasil belajar siswa termasuk kriteria aktif dan hasil belajar siswa termasuk kriteria tuntas; 2) metode role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dalam mengajar IPS materi pokok kegiatan ekonomi kelas IV SDN Dawuhan Wetan 04 Lumajang. Pada siklus I guru melaksanakan 7 aspek langkah-langkah role playing, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 8 aspek, sehingga diperoleh kriteria efektifitas penerapan metode dalam kategori efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9487
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository