MT-Teacher Training and Education: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 251
-
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Barisan dan Deret Menggunakan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-16)Kemampuan komunikasi matematis penting dimiliki siswa, tetapi kemampuan tersebut masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah metode mengajar guru masih didominasi dengan ceramah di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Materi Transformasi Geometri dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-27)Matematika merupakan disiplin ilmu yang diajarkan dengan tujuan untuk membuat siswa mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dalam memahami ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Materi Transformasi Geometri dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smk
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-27)Pendidikan merupakan suatu usaha yang terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan pemahaman dan potensi yang ada dalam dirinya. Matematika merupakan disiplin ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Rbl-Stem untuk Meningkatkan Metaliterasi Mahasiswa Menganalisis Pewarnaan Sisi Pelangi Antiajaib dalam Menyelesaikan Masalah Banjir Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Graf
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022)Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kemajuan pendidikan bangsa itu. Pendidikan tidak lepas dengan adanya kurikulum, kurikulum ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-12)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengembangan perangkat pembelajaran geometri bangun ruang berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, efektif dan menganlisis pengaruhnya terhadap kemampuan spasial siswa. ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RIDE (Reading, Investigation, Discussion, and Evaluation) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-11-08)Tujuan pendidikan semestinya tidak hanya menekankan pada perolehan pengetahuan, apalagi hanya sekedar menghafal sejumlah fakta dan konsep, tetapi harus menggambarkan hasil belajar sampai pada tingkatan berpikir tingkat ... -
Pengembangan Buku Ajar Materi Virus Berbasis Stem-Cp untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06)Pengembangan Buku Ajar Materi Virus Berbasis Stem-Cp untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA: Ira Maya Oktaviani; 180220104001; 2022; 100 Halaman; Program Studi Magister Pendidikan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran PIACCE untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Pembaharuan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 terletak pada pembelajaran yang menekankan pada dimensi pedagogik modern, yaitu menggunakan scientific approach, pada kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang dituntut ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Problem, Mapping, Innovate, Reflection (PREMIERE) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-26)Tantangan dalam dunia pendidikan abad ini adalah keharusan untuk mempersiapkan generasi yang mampu menyongsong tantangan global dan menjadi manusia berkualitas. Mengubah pola pembelajaran dan membentuk lulusan yang ... -
Marginalisasi Petani Akibat Alih Fungsi Lahan (Studi Kasus Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang)
(universitas jember, 2022-11-07)Erupsi gunung Semeru pada tanggal 4 Desember berdampak cukup luas, dimana dampaknya yaitu rusaknya fasilitas umum (sekolah, jalan, listri, aliran air), permukiman warga, lahan yang sudah tertutup abu, meninggalnya orang ... -
Analisis Faktor Resiko Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Tembakau Desa Sumberlesung Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember
(universitas jember, 2022-11-07)Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah penghasil komoditas tembakau terbesar di Indonesia. Karena tingkat produksinya yang tinggi serta latar historis yang mengakar dalam budaya di masyarakat, menjadikan tanaman ... -
Pengembangan E-Modul Sejarah Berbasis Colonial Heritage of Jember untuk Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA di Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07)Pembelajaran sejarah abad ke-21 berorientasi pada pemenuhan kebutuhan generasi Z. Generasi Z dibesarkan di era yang penuh dengan ketegangan politik, kekerasan dan ketidakstabilan sosial, namun dilengkapi dengan kemudahan ... -
Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-07-22)Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilian Pendidikan peserta didik diharapkan melampaui nilai Ketuntasan Minimal. Namun hal itu belum sejalan dengan fakta di lapangan. Berdasarkan data rata-rata ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Pospace untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognisi Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-19)Pendidikan saat ini menghadapi tantangan abad 21, dimana transformasi pembelajaran diperlukan agar siswa mampu menguasai berbagai keterampilan untuk menghadapi era persaingan ekonomi global (Suratno et al., 2019). ... -
Pengaruh Model Challenge Based Learning terhadap Critical Thinking Skill dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2022-05-29)Critical thinking skill menjadi salah satu komponen penting dalam tujuan pembelajaran dan keterampilan yang perlu dikembangkan pada mata pelajaran sejarah di abad 21. Tantangan pada abad 21 tersebut diharapkan dapat terjawab ... -
Pengembangan Modul Fisika Berbasis TPACK dan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-07-30)Saat ini kita memasuki era industri 4.0 yang memiliki ciri pemanfaatan teknologi informasi dan internet dalam semua aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi, teori pembelajaran dan ilmu pengetahuan ... -
Implementasi Pembelajara Daring Era Pandemi Covid -19 Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Rambipuji Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-15)Virus COVID 19 pertama kali dilaporkan ke WHO pada akhir desember 2019 di Wuhan Cina dan kemudian dengan cepat menyebar ke berbagai Negara hanya dalam beberapa hitungan bulan. Langkah pemerintah Indonesia sebagai ... -
Pemetaan Kriminalitas Jalanan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Lumajang
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-13)Pemetaan Kriminalitas Jalanan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Lumajang;Viky Pratama;100220303010 : xvi + 105 halaman; Program Studi Magister Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas ... -
Pengembangan Modul Berbasis STEM-CP untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-21)Pendidikan merupakan faktor yang penting untuk menjamin peserta didik dapat memiliki keterampilan belajar dan berinovasi melalui pengetahuan yang diperolehnya serta dapat bertahan hidup dengan menggunakan keterampilan yang ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model SSCS dengan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-22)Framework PISA 2021 mendefinisikan bahwa literasi matematika mencakup hubungan sinergis dan timbal balik antara berpikir matematis dan berpikir komputasional. Munculnya Computational Thinking (CT) dalam asesmen PISA ...