Pengembangan Perangkat Pembelajaran RBL-STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Forecasting Mahasiswa Menganalisis Himpunan Dominasi Efisien Pembeda dalam Menyelesaikan Skema Aplikasi Anomali Kepadatan Bandara Menggunakan STGNN
Abstract
Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara. Kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kemajuan pendidikan bangsa
itu. Pendidikan tidak lepas dengan adanya kurikulum, kurikulum di Indonesia terus
mengalami penyempurnaan. Adanya penyempurnaan kurikulum ini berarti ilmu
pengetahuan yang dimiliki Indonesia ini berkembang pesat sehingga perlu adanya
penyesuaian dan percepatan dalam mengembangkan pendidikan, utamanya dalam bidang
sains dan teknologi. Pendidikan STEM adalah pengembangan terbaru dalam bidang
pendidikan dengan cara modifikasi pembelajaran dengan mengintegrasikan berbagai
mata pelajaran yang terdiri dari Sains (Biologi, Fisika, Kimia), Teknologi, Enggenering
dan Matematika. Salah satu tujuan kurikulum di Indonesia adalah membentuk manusia
yang produktif, kreatif, inovatif, serta efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat
mewujudkan tujuan dari Kurikulum tersebut adalah Research Based Learning (RBL).