• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksperimentasi Model Problem Based Learning Metode Tutor Sebaya Berbantuan Card Problem dan Model Jigsaw Berbantuan Card Problem ditinjau dari Hasil Belajar Matematika

    Thumbnail
    View/Open
    AMALIYATUL INDAH_200220101020_TESIS.pdf (12.85Mb)
    Date
    2022-12-26
    Author
    INDAH, Amaliyatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika sering dianggap sulit bagi siswa yang mengakibatkan masih kurangnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Permasalahan tersebut terjadi di SMPN 8 Jember yang berdasarkan hasil observasi, siswa kelas VII memiliki keterampilan pemecahan masalah yang rendah diakibatkan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Jika permasalahan tersebut tidak segera diatasi dikhawatirkan akan berlanjut pada generasi siswa selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL metode tutor sebaya berbantuan card problem terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP materi segiempat. Penelitian ini termasuk quasi experimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest yang akan diuji dengan uji Paired Samples T Test dan uji regresi (ANOVA) pada aplikasi SPSS. Hasil uji Paired Samples T Test pada kelas eksperimen memberikan nilai sig. sebesar 0,000 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,003. Uji regresi pada kelas eksperimen nilai sig. 0,014 dan kelas kontrol memberikan nilai sig. 0,033. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model PBL metode tutor sebaya berbantuan card problem lebih efektif dan berpengaruh daripada model PBL metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah implementasi media pembelajaran card problem pada model PBL metode tutor sebaya memberikan hasil yang efektif terhadap hasil belajar matematika materi segiempat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116374
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN OPEN-ENDED PROBLEM DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TANPA OPEN-ENDED PROBLEM SUB POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010 

      Lutfi Desiyanti (2014-01-23)
      Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment yang bermaksud untuk mengkaji perbandingan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif dengan open-ended problem dan pembelajaran ...
    • PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANTARA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN PEMBELAJARAN TANPA MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA SUBPOKOK BAHASAN MERANCANG MODEL MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI KALISAT TAHUN AJARAN 2009/2010 

      Dwi Indah Lestari (2014-01-23)
      Berpikir kreatif termasuk dalam berpikir tingkat tinggi, sehingga membutuhkan pemikiran yang kreatif untuk pemecahan masalah. Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting dalam proses ...
    • PENERAPA N MODEL (PBL)DISERTAI MEDIA KOMPUTER N MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DISERTAI MEDIA KOMPUTER MAKROMEDIA FLASH DI SMA PROBLEM BASED LEARNING MAKROMEDIA FLASH DI SMA 

      Gilang Candra Setiawan (2014-01-28)
      Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama setiap warga negara. Pendidikan pada dasarnya adalah suatu proses pendewasaan dan pemandirian siswa. Peningkatan mutu pendidikan diharapkan melalui suatu proses pembelajaran ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository