Pengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Materi Transformasi Geometri dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK
Abstract
Matematika merupakan disiplin ilmu yang diajarkan dengan tujuan untuk membuat siswa mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dalam memahami masalah,
merencanakan strategi pemecahan masalah, melaksanakan strategi penyelesaian yang dipilih, dan memeriksa kembali pemecahan masalah untuk kemudian membuat solusi penyelesaian. Realistic Mathematics Education (RME) merupakan
salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa agar lebih mudah memahami dan menerapkan konsep matematika pada suatu permasalahan dengan mengaitkan hal-hal di kehidupan lingkungan sekitar siswa
serta membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menganalisis proses pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME materi transformasi geometri yang valid, praktis dan efektif; 2) menganalisis hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME materi transformasi geometri yang valid, praktis dan efektif; dan 3) menganalisis pengaruh penerapan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME materi transformasi geometri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (mix method) antara penelitian pengembangan dengan penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan untuk mengawali penelitian, kemudian dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Daerah dan subjek penelitian yang dipilih adalah SMK Negeri 1 Pujer dengan tiga kelas siswa kelas XII.
Pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini diawali dengan tahap pendefinisian. Berdasarkan hasil analisis diambil keputusan bahwa diperlukannya perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pendekatan RME. Pada tahap perancangan dibuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), tes kemampuan pemecahan masalah pada materi transformasi geometri dan instrumen penelitian. Pada tahap pengembangan, hasil pengembangan perangkat pemebelajaran dan instrumen penelitian divalidasi oleh dua orang ahli kemudian diujicobakan pada kelas XII BDP. Berdasarkan analisis akhir didapatkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis. Pada tahap terakhir, perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian disebarluaskan melalui web sekolah, google drive, sekolah lain dan guru lain di sekolah tempat penelitian. Selanjutnya perangkat pembelajaran yang dikembangkan digunakan pada penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan penelitian eksperimen didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney sebesar 0,047 atau Asymp. Sig. (2 - tailed) < 0,05.