SRA-Education: Recent submissions
Now showing items 161-180 of 1352
-
Persentase Pemahaman Konsep Relasi Dan Fungsi Siswa Menurut Standar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) Siswa Kelas X Multimedia 2 SMKN 5 Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini menentukan persentase pemahaman konsep relasi dan fungsi siswa kelas X MMD 2 SMKN 5 Jember berdasarkan indikator pemahaman konsep menurut NCTM (National Council Of Teachers Of Mathematics). Instrumen yang ... -
Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPA Materi Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat MI Riyadlus Sholihien Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember. Rendahnya motivasi dan hasil belajar dikarenakan siswa cenderung pasif, karena ... -
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa (Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2015/2016)
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dirancang sebagai sebuah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus pembelajaran yang dilaksanakan SMP Negeri 2 Kalibaru Banyuwangi dan bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dan ... -
PERANAN ABRI DALAM KETAHANAN NASIONAL INDONESIA PADA MASA ORDE BARU TAHUN 1966 - 1998
(UNEJ, 2016)Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang diikrarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 dapat ditegakkan atas kerjasama dan kekuatan dari seluruh komponen Bangsa Indonesia. Namun, kehidupan bangsa Indonesia tidak luput dari ... -
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Picture and Picture Kelas IV SDN Gebang 04 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Strategi picture and picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara memasangkan/mengurutkan, mengidentifikasi gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Strategi ... -
Penerapan Metode Guided Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya Siswa Kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember. Rendahnya motivasi dan hasil belajar dikarenakan kurang bervariasinya penggunaan ... -
Pengaruh Penerapan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran PKN di SDN Patrang 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Teknik Mind Mapping adalah salah satu sistem pencatatan berfikir kreatif yang mencerminkan secara visual dengan memanfaatkan kedua belah otak, otak kanan dan otak kiri yang akan memudahkan seseorang untuk mengatur dan ... -
Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Gebang 04 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Konstruktivisme merupakan landasn berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun sendii oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Pendekatan ... -
Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Kelas V SDN Kambinganrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015-2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kambinganrejo Pasuruan. Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih kurang terlibat ... -
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(UNEJ, 2016)Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing adalah strategi yang menuntut siswa menemukan jawaban dari sesuatu yang ingin diketahui secara ilmiah dan gaya belajarnya sendiri dengan bimbingan guru. Pada pembelajaran inkuiri ... -
Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Anekdot Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 2 Tanggul
(UNEJ, 2016)Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan yang diterapkan dalam penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Semua mata pelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan Saintifik termasuk mata pelajaran ... -
Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Materi Pecahan Dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SDN Ambulu 03 Tahun 2014/2015
(UNEJ, 2015)Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Ambulu 03 untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa menerapkan model kooperatif tipe (Numbered Heads Together) NHT. Hal ini dikarenakan nilai ulangan matematika ... -
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Siswa Kelas V di SD Kartika IX – 1 Jember Tahun Ajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Kartika IX – 1 Jember melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pelajaran IPA pokok bahasan Penyesuaian diri mahluk hidup. ... -
JARGON PADA KOMUNITAS GAMERS DI GALAXY GAME CENTER Jargon On a Community of Gamers in Galaxy Game Center
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan wujud jargon dan fungsi jargon pada komunitas gamers di galaxy game center. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata, ... -
Mitos di Lereng Gunung Penanggungan di Jawa Ttimur : Kajian Etnografi
(UNEJ, 2016)Mitos adalah cerita yang bersifat simbolik dan suci yang mengisahkan serangkaian cerita nyata atau imajiner. Gunung Penanggungan adalah gunung yang memiliki ketinggian 1653 meter dari permukaan laut yang terletak di kabupaten ... -
Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN Jember Kidul 04 Tahun Pelajaran 2015/2016
(UNEJ, 2016)Pembelajaran IPA akan lebih mudah dipahami apabila pengetahuan ditemukan sendiri oleh siswa dengan melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Pendekatan Keterampilan Proses merupakan salah satu pendekatan ... -
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Lingkungan Alam di SDN Sumbersari 02 Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari 02 Jember mata pelajaran PKn. Hal tersebut dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab. ... -
Dominasi Patriarkat Dalam Novel Menyemai Harapan Karya Maria A. Sardjono Sebagai Alternatif Pemanfaatan Materi Pembelajaran Di SMA
(UNEJ, 2015)Dominasi patriarkat merupakan sebuah sistem dominasi dan superioritas laki-laki, sistem kontrol terhadap perempuan, di mana perempuan dikuasai. Dalam patriarkat melekat ideologi yang dinyatakan bahwa laki-laki lebih tinggi ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Solving Performance Modelling pada Konten Change and Relationship untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai model problem solving performance modelling dengan menggunakan konten change and relationship untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Pemecahan masalah ... -
Penerapan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Grenden 01 Jember
(UNEJ, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember melalui penerapan metode Guided Note Taking dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik ...