• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Picture and Picture Kelas IV SDN Gebang 04 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    RIZKA SEPTIANI.odt (261.5Kb)
    Date
    2016
    Author
    Rizka Septiani
    Suhartiningsih
    Misno A. Latief
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Strategi picture and picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara memasangkan/mengurutkan, mengidentifikasi gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Strategi picture and picture dipilih untuk mengatasi permasalahan keterampilan berbicara terutama keruntutan dan kelancaran dalam menjelaskan petunjuk menggunakan alat karena dengan strategi picture and picture siswa lebih mudah menjelaskan di depan kelas karena siswa lebih mudah menghafal dan memahami jika mereka melihat gambar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV melalui penerapan strategi picture and picture di SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek seluruh siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil tes dalam penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi picture and picture, keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 meningkat. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 59, pada siklus I meningkat sebesar 9 poin sehingga menjadi 68 dan ada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 17 point dari siklus I, sehingga rata-rata menjadi 83. Sementara itu, skor untuk setiap aspek juga meningkat dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi picture and picture, keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76438
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository