Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa (Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2015/2016)
View/ Open
Date
2016Author
Rizky Ari Ekawati
Jekti Prihatin
Kamalia Fikri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dirancang sebagai sebuah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus pembelajaran yang dilaksanakan SMP Negeri 2 Kalibaru Banyuwangi dan bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII A melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Dalam penelitian ini, analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain skor aktivitas dan hasil belajar Biologi yang diperoleh dari hasil pembelajaran melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penilaian meliputi penilaian aktivitas siswa, hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata aktivitas siswa sebesar 9,8% dari siklus 1 ke siklus 2 dan hasil belajar siswa (rata – rata persentase ketuntasan sebesar 66,66% pada pra siklus, 72,2% pada siklus 1 dan 83,3% pada siklus 2). Berdasarkan analisis hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing mampu meningkatkan aktivitas siswa yang secara konsekutif berdampak pada kenaikan ketuntasan belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]