Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Anekdot Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 2 Tanggul
View/ Open
Date
2016Author
Renny Praktika Dewi
Arju Mutiah
Anita Widjajanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan yang diterapkan dalam penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Semua mata pelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan Saintifik termasuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan kurikulum 2013, bahasa Indonesia diajarkan dengan landasan pendekatan Saintifik dan berbasis teks. Teks Anekdot dipilih karena merupakan salah satu materi yang penting untuk diajarkan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk memahami dan memperoleh informasi terkait praktik penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran teks Anekdot di kelas X SMA Negeri 2 Tanggul. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pendekatan Saintifik pada RPP teks Anekdot kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul? dan bagaimanakah implementasi pendekatan Saintifik pada pelaksanaan pembelajaran teks Anekdot di kelas X SMA Negeri 2 Tanggul?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan rancangan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan dan mengevaluasi implementasi pendekatan Saintifik pada RPP serta proses pembelajaran teks Anekdot di kelas X SMA Negeri 2 Tanggul. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan kalimat dalam RPP yang mengungkapkan hal-hal yang berkenaan dengan seluruh komponen RPP juga tuturan dan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran teks Anekdot di kelas X SMA Negeri 2 Tanggul yang direkam dan dicatat selama observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik wawancara, dan teknik rekam. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada RPP teks Anekdot, metode yang dipilih adalah diskusi dan Inkuiri. Pada proses pembelajaran teks Anekdot, metode diskusi muncul ketika menanya, menalar, dan mengomunikasikan, tetapi metode Inkuiri seperti yang telah direncanakan dalam RPP belum diterapkan dengan tepat. Implementasi pendekatan Saintifik di kelas yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan ditemukan fakta-fakta dan hasil dari proses pembelajaran teks Anekdot dinyatakan berkriteria cukup.
Collections
- SRA-Education [1352]