• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Kelas V SDN Kambinganrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2015-2016

    Thumbnail
    View/Open
    RIGA ANINDITA AISSASTRI.odt (263.9Kb)
    Date
    2016
    Author
    Riga Anindita Aissastri
    Singgih Bektiarso
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kambinganrejo Pasuruan. Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa masih kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa masih bemain sendiri saat pembelajaran. Guru juga masih belum melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, masih sering berceramah dan siswa masih belum mendapatkan pengalaman langsung saat pembelajaran . untuk meningkatkan motivasi dan hasil beljar siswa sebgai salah satu solusi yaitu diterapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) agar siswa mendapatkan pengalaman langsung melalui pengamatan dan percobaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Kambinganrejo kecamatan Grati kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2015-2016 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan CTL. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kambinganrejo kecamatan Grati kabupaten Pasuruan  yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar meningkat dari siklus I 55,57% menjadi 76,14% pada siklus II. Meningkatnya motivasi belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 70,8 dan meningkat pada siklus II sebesar 79,31. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76432
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository