• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPA Materi Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat MI Riyadlus Sholihien Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    RIZQI ANDRIYANI.odt (267.9Kb)
    Date
    2016
    Author
    Rizqi Andriyani
    Muhtadi Irvan
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember. Rendahnya motivasi dan hasil belajar dikarenakan siswa cenderung pasif, karena interaksi antara siswa dan guru kurang, guru terfokus pada ceramah, sehingga pembelajaran lebih menekankan pada konsep, belum mengaitkan dengan teknologi serta mengaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Pendekatan STM untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA materi lingkungan sehat dan tidak sehat pada siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan. observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Motivasi belajar meningkat dari siklus I 70,95% menjadi 81,75% pada siklus II. Meningkatnya motivasi belajar juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 82,6 dan  meningkat pada siklus II sebesar 89,6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76443
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository