• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Gebang 04 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    RIRIS WAHYU CIPTANINGSARI.odt (260.1Kb)
    Date
    2016
    Author
    Riris Wahyu Ciptaningsari
    Hari Satrijono
    Nanik Yuliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konstruktivisme merupakan landasn berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun sendii oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Pendekatan konstruktivisme dipilih untuk mengatasi permasalahan keterampilan berbicara terutama keruntutan, kelancaran, dan keberanian dalam mengomentari persoalan faktual karena, pendektaan konstruktivisme pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan aktif proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V melalui penerapan pendekatan konstruktivisme di SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek seluruh siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Hasil tes dalam penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme, keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 meningkat. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 59, pada siklus I meningkat sebesar 7 poin sehingga menjadi 66 dan ada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 8 point dari siklus I, sehingga rata-rata menjadi 74. Sementara itu, skor untuk setiap aspek juga meningkat dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme, keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gebang 04 Jember tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76434
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository