Browsing SRA-Education by Author "Khutobah"
Now showing items 1-20 of 40
-
Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pengolahan Data Siswa Kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015
Kurniya Ayu Winarsih; Titik Sugiarti; Khutobah (UNEJ, 2015)Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian sebanyak lima soal yang telah divalidasi kepada satu dosen Pendidikan Matematika dan dua guru mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan di kelas VI SDN ... -
Campur Kode Bahasa Madura terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas V SDN Cangkring 02 Jember
Herdina Sariningtyas; Hari Satrijono; Khutobah (UNEJ, 2016)Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui wujud dan faktor campur kode. Penduduk Indonesia menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah untuk berkomunikasi, sehingga menyebabkan terjadinya kontak bahasa. Kedwibahasaan ... -
Efektivitas Penerapan Media Power Point Terhadap Pembelajaran Sejarah Warga Belajar Kelas XI Paket C Di SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013
Fandana, Desti Alifia; Khutobah; Indrianti, Deditiani Tri (UNEJ, 2013)Pendidikan kesetaraan adalah program PLS yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan adanya pendidikan yang setara dengan pendidikan formal. Pada proses pembelajaran paket C dibutuhkan adanya sarana ... -
Hubungan antara Kegiatan Bermain dengan Perkembangan Emosi Anak Pada Kelompok Bermain PAUD Terpadu Ananda SKB Bondowoso Tahun Pelajaran 2012-2013
Maqfirah, Linda; Hendrawijaya, A.T; Khutobah (UNEJ, 2013)Kegiatan bermain akan mempengaruhi perkembangan emosi anak usia dini. Namun faktanya tidak semua kegiatan bermain mempengaruhi perkembangan emosi anak, sehingga hasilnya apabila anak usia dini dapat melalui kegiatan ... -
Hubungan antara Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Warga Belajar Kelas XI Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013
Fitriana, Eliya; Khutobah; Tri Indrianti, Deditiani (UNEJ, 2012)Kesiapan belajar warga belajar akan mempengaruhi hasil belajar yang diperolehnya. Namun faktanya tidak semua warga belajar kelas XI di Kelompok Belajar Paket C SKB Bondowoso yang memiliki kesiapan belajar yang baik, ... -
Hubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013
Nurjayanti, Elza; Hendrawijaya, A.T; Khutobah (UNEJ, 2013)Kondisi psikologis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Kondisi psikologis dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkenaan dengan psikologi yang bersifat kejiwaan, diantaranya perhatian, minat ... -
Kontribusi Kegiatan Menari Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Akademik 2015/2016
Suci Ramdaeni; Khutobah; Nanik Yuliati (UNEJ, 2016)Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan melakukan pengamatan tentang kontribusi kegiatan menari terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Dharma Indria II ... -
Kontribusi Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada POS PAUD Aster 43 Kabupaten Jember Tahun 2013
Putri Artiwi, Nanda; Khutobah; Tri Indrianti, Deditiani (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilakukan pada POS PAUD Aster 43 yang selalu mengajarkan dan menerapkan berbagai pendidikan karakter yang dikaitkan dengan perkembangan sosial anak usia dini. Pendidikan karakter diberikan agar anak dapat ... -
Meningkatkan Keterampilan Mengarang dengan Menggunakan Media Buku Curhat pada Siswa Kelas IVB SDN Tamanan 2 Bondowoso
Lana Nailul Izza, Izza; Khutobah; Suhartiningsih (UNEJ, 2014)Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tamanan 2 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan mengarang dengan menggunakan media Buku Curhat pada siswa kelas IVB. Permasalahan yang menjadi latar belakang ... -
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF
Dwi Purnama Sari; Suhartiningsih; Khutobah (UNEJ, 2015)Abstrak Salah satu persoalan yang ditemukan pada siswa kelas III SDN Grenden 02 Puger Jember adalah rendahnya keterampilan menulis siswa khususnya materi menulis paragraf. Hal tersebut terjadi karena siswa sulit mengemukakan ... -
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI 02 JEMBER POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Widhiyani, Prysta; Sugiarti, Titik; Khutobah (UNEJ, 2012)This study aimed to describe the teaching and learning process using discovery learning methods on topic of triangle and rectangle that can improve student’s activities and achievment. This research was conducted toward ... -
Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Kertosari 02 Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2012/2013
Sandra Dewi, Melia; Sugiarti, Titik; Khutobah (UNEJ, 2013)Penelitian ini mendeskripsikan proses belajar mengajar yang menggunakan metode discovery learning pada materi pecahan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi ... -
Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran 2012/2013
Wahyu Agustina, Ika; Sugiarti, Titik; Khutobah (UNEJ, 2013)Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III B SDN Patrang 02 Jember pada Pokok Bahasan Uang Tahun Ajaran ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi di SDNU Bagorejo 01 Jember
Ingga Aditya Pradana; Sihono; Khutobah (UNEJ, 2016)Pembelajaran IPS di sekolah dasar hendaknya dapat merangsang peran aktif siswa dan memberikan pengetahuan yang kompleks kepada siswa melalui fakta, peristiwa, interaksi, dan isu-isu sosial yang terjadi di dalam masyarakat. ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS
Ainul Yulia Mawaddah; Rahayu; Khutobah (UNEJ, 2015)Latar belakang penelitian ini berdasarkan observasi awal, wawancara dan dokumentasi, hasil motivasi belajar yang tergolong kriteria cukup dan hasil belajar siswa yang tergolong kriteria rendah kelas III di SDN Yosowilangun ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN AJUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Imron Aziz; Suhartiningsih; Khutobah (UNEJ, 2015)Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IIIB di SDN Ajung 03 Jember pada pembelajaran Bahasa Indonesia kemampuan membaca pemahaman.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ... -
Penerapan Pendekatan PAIKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas III SDN Karangrejo 05 Jember
Fanny Martha Apriyanti; Hari Satrijono; Khutobah (UNEJ, 2016)Tujuan perbaikan ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan pendekatan PAIKEM dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas III SDN Karangrejo 05 Jember. Keterampilan berbicara bahasa Indonesia yang baik dan benar masih ... -
Penerapan Strategi Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Geby Ramadhanti, Ramadhanti; Nuriman; Khutobah (UNEJ, 2014)Pembelajaran IPA di kelas V b SDN Ajung 03 masih menggunakan metode yang konvensional, yaitu suatu metode yang menititikberatkan pada guru sebagai subyek aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada rendahnya ... -
Penerapan Teori Belajar Bruner dan Metode Discovery
Khusnul Nurlaili, Nurlaili; Titik Sugiarti, Sugiart; Khutobah (UNEJ, 2014)Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 01 Kaligondo Genteng Banyuwangi dengan tujuan untuk menerapkan teori belajar Bruner dan metode discoveryagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III mata ... -
Penerapan Teori Belajar Van Hiele untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sifat-Sifat Segiempat Siswa Kelas V SDN Antirogo 01 Jember
Febta Mubayinah; Titik Sugiarti; Khutobah (UNEJ, 2016)Aspek geometri yang dipelajari pada mata pelajaran matematika adalah suatu aspek yang sangat penting dalam kehidupan siswa nantinya, karena pada aspek geometri dipelajari mengenai sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang ...