• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Kegiatan Menari Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Akademik 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    SUCI RAMDAENI.odt (257.6Kb)
    Date
    2016
    Author
    Suci Ramdaeni
    Khutobah
    Nanik Yuliati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan melakukan pengamatan tentang kontribusi kegiatan menari terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Dharma Indria II yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kontribusi kegiatan menari terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Dharma Indria II Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan selama 3 minggu untuk memastikan data yang diraih sudah valid. Data diraih melalui data primer yaitu observasi, dan data sekunder wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian dilakukan melalui teknik purposive sampling yaitu 13 anak perempuan kelompok B1 dan B2 di TK Dharma Indra II. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil wawancara diraih untuk mendukung hasil observasi yang dilakukan tentang kontribusi kegiatan menari terhadap keterampilan motorik kasar anak di TK Dharma Indria II yang dilakukan terhadap guru dan kepala sekolah. Hasil observasi kegiatan menari dianalis secara deskriptif kualitatif dan dokumentasi berupa kegiatan menari yang dilaksanakan di TK Dharma Indria II. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan menari memberikan kontribusi terhadap keterampilan motorik kasar anak, hal ini ditandai adanya gerak lokomotor dan non-lokomotor pada gerakan kegiatan menari tikus pitik dan perkembangan anak yang semakin baik pada setiap pertemuan dengan kualifikasi pada pertemuan ketiga yaitu anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 53 % dan anak yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 45%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76460
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository